The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bug Aneh di iOS Ini Bisa Matikan WiFi Pengguna iPhone Secara Permanen!
Tampilan bagian belakang dari iPhone 12 terbaru (photo/Unsplash/Akhil Yerabati)
Tech

Bug Aneh di iOS Ini Bisa Matikan WiFi Pengguna iPhone Secara Permanen!

Senin, 21 Juni 2021 11:10 WIB 21 Juni 2021, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Jika kita mencoba mencari WiFi di area publik yang terbuka, pasti kita akan melihat banyak SSID WIFi yang hadir dengan nama-nama unik dan berbeda. Tetapi jika kalian menemukan SSID bernama “%p%s%s%s%s%n”, disarankan untuk tidak menghubungkannya.

Pasalnya baru-baru ini seorang peneliti keamanan bernama Carl Schou telah menemukan sebuah bug aneh di sistem operasi iOS dimana jika pengguna terhubung dengan WiFi yang memiliki SSID berikut “%p%s%s%s%s%n”, maka fitur WiFi di iPhone bisa nonaktif untuk selamanya.

Schou diketahui telah mencoba menghubungkan perangkat iPhone-nya ke WiFi dengan SSID aneh itu, dan kemudian fitur WiFi di smartphone langsung mati dan tidak dapat dihidupkan lagi meski sudah melakukan restart hingga mengubah SSID.

"Setelah terhubung dengan WiFi pribadi yang memiliki SSID “%p%s%s%s%s%n”, fitur WiFi di iPhone saya pun langsung mati secara permanen. Baik melakukan reboot hingga mengubah SSID tidak bisa memperbaikinya," tulis Carl Schou di akun Twitter-nya.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan melakukan reset network settings di iPhone.

Kemungkinan besar masalah ini bisa terjadi karena adanya penggunaan simbol '%' yang merupakan salah satu format string di bahasa pemrograman, mungkin penggnuaan simbol tersebut yang membuat fitur WiFi di iOS ini menjadi bermasalah.

Di sisi lain, pengguna sistem operasi Android diketahui sama sekali tidak mendapat masalah ketika terkoneksi dengan WiFi tersebut. Kita lihat saja tanggapan dari Apple terkait masalah ini ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US