The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

ARM Berhasil Kembangkan Chipset Fleksibel Berbahan Plastik!
Tampilan chipset PlasticARM besutan ARM yang terbuat dari plastik fleksibel (photo/ARM)
Tech

ARM Berhasil Kembangkan Chipset Fleksibel Berbahan Plastik!

Senin, 26 Juli 2021 11:06 WIB 26 Juli 2021, 11:06 WIB

INDOZONE.ID - Di era seperti sekarang ini, kita sudah bisa melihat banyak smartphone yang hadir dengan teknologi layar lipat yang tentu memukau banyak orang. Tapi baru saja ARM telah mengungkap sebuah hal yang bisa dibilang lebih mengejutkan lagi yaitu sebuah chip fleksibel.

Hadir dengan nama PlasticARM, chipset tersebut diketahui dibuat dengan menggunakan bahan plastik sehingga lebih fleksibel dan elastis meskipun performa yang dihasilkannya masih belum terlalu besar.

Pasalnya chipset tersebut hanya hadir dengan CPU Cortex-M0 32-bit yang menjadi CPU paling murah dari seri Cortex-M dan ROM 456 byte hingga RAM 128 byte.

Selain itu sebenarnya PlasticARM ini bukan menjadi chipset fleksibel pertama di dunia. Tetapi keunggulan yang dimiliki oleh PlasticARM ini adalah dari segi kompleksitas ketimbang chipset fleksibel lainnya.

Bekerja sama dengan PragmatlC yang dikenal sebagai perusahaan pembuat komponen elektronik fleksibel, PlasticARM pun berhasil dikembangkan dengan 18 ribu Logic Gates yang masih bisa bekerja saat chipset ini ditekuk.

Sayangnya chipset tersebut masih belum memiliki kemampuan yang sama dengan chipset berbahan silikon. Tetapi setidaknya PlasticARM ini sudah bisa menjalankan tiga program uji coba di sirkuitnya yang membuktikan bahwa chipset ini memang bisa bekerja.

Tentunya dengan hadirnya chipset fleksibel ini, maka masa depan perangkat elektronik yang sepenuhnya dapat ditekuk atau dilipat akan benar-benar terjadi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US