The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kemajuan Teknologi dan Edukasi ke Masyarakat Harus Seimbang
Base Transceiver Station. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)
Tech

Kemajuan Teknologi dan Edukasi ke Masyarakat Harus Seimbang

Rabu, 16 Maret 2022 18:46 WIB 16 Maret 2022, 18:46 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi mengatakan, inovasi atau kemajuan teknologi harus seimbang dengan pemberian edukasi kepada masyarakat sebagai pengguna.

"Inovasi-inovasi diperlukan untuk memberikan pelayanan yang baik, hingga efisiensi kepada perusahaan teknologi dan masyarakat. Harapannya tentu dengan masuknya perubahan dan transisi ini akan memberikan kualitas yang lebih baik kepada konsumen," kata Sularsi, Rabu.

Sularsi mencontohkan salah satu inovasi teknologi yakni ketika peralihan jaringan 3G ke 4G.

Menurutnya, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan pemerintah maupun pelaku industri sebelum menyuntik mati 3G di Indonesia. Mulai dari kesiapan infrastruktur, akses, hingga pemerataan kualitas telekomunikasi hingga wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Baca Juga: Apple Raup Keuntungan Hampir 100 Triliun Usai Jual iPhone Tanpa Charger dan Earpods

"Ketika akan melakukan transisi ini, pemerintah dan industri sudah miliki peta pengguna dan wilayah dari masing-masing -- apakah masyarakat di daerah tersebut masih gunakan layanan 3G?, dan lainnya. Perlu dilakukan bertahap dan perlu kesiapan," kata Sularsi.

"Komunikasi penting dilakukan pemerintah dan industri. Karena industri telekomunikasi akan sediakan broadband yang lebih cepat dan baik, perlu ada komunikasi yang baik pula untuk konsumen," tambahnya.

Lebih lanjut katanya, masyarakat sebagai konsumen memiliki hak akan informasi yang tepat dari pemerintah maupun pelaku industri telekomunikasi terkait peralihan jaringan 3G ke 4G.

"Telekomunikasi adalah kebutuhan dasar dan merupakan tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan pelayanan dengan merata. Dengan teknologi, masyarakat bisa membangun edukasi dan ekonomi lebih berkembang dan merata," kata Sularsi.

"Dalam hal penanganan transisi, sosialisasi pesan agar sampai ke tangan konsumen penting. Dari sisi device masyarakat yang misalnya belum mendukung, bisa diberikan pilihan seperti kompensasi handphone murah atau bundling. Dengan kompetisi industri yang sehat, tentu konsumen akan mendapatkan benefitnya," imbuhnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
JOIN US
JOIN US