The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rover Mars NASA Ternyata Pakai Prosesor yang Sama dengan iMac Tahun 1998
Ilustrasi tampilan rover Perseverance saat berada di planet Mars (photo/NASA)
Tech

Rover Mars NASA Ternyata Pakai Prosesor yang Sama dengan iMac Tahun 1998

Rabu, 03 Maret 2021 10:20 WIB 03 Maret 2021, 10:20 WIB

INDOZONE.ID - Sebelum Apple beralih menggunakan proses Intel di perangkat Mac buatannya, perusahaan asal Cupertino ini pernah menggunakan prosesor bernama PowerPC yang dibuat oleh Apple, Motorola, dan juga IBM.

Sejumlah perangkat Mac lawas seperti iMac G3 yang diluncurkan tahun 1998 juga menggunakan prosesor jenis ini. Namun siapa sangka prosesor tersebut juga digunakan oleh rover Mars Perseverance yang baru saja mendarat di Mars beberapa minggu yang lalu.

Ya, diketahui bahwa NASA tidak menggunakan jenis prosesor yang modern dengan performa tinggi, tapi mereka lebih memilih memakai prosesor PowerPC, lebih tepatnya prosesor PowerPC 750.

Prosesor PowerPC 750 ini tidak bisa kita bandingkan dengan prosesor modern, pasalnya prosesor ini hanya mendukung pemrosesan dengan single-core dan juga kecepatan clocked hingga 233MHz saja.

NASA sendiri mengatakan bahwa pihaknya lebih memilih menggunakan prosesor tersebut karena teknologinya sudah diuji beberapa kali dan sudah terbukti aman. NASA tidak ingin mengambil resiko sehingga mereka masih menggunakan prosesor ini.

Namun bisa saja di masa depan NASA mulai berani untuk menggunakan prosesor lain yang lebih modern sehingga hal-hal yang dilakukan di luar angkasa juga bisa semakin cepat diproses. Bagaimana menurutmu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US