The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Google Ingin Ekstensi di Chrome Lebih Transparan Terkait Penggunaan Data
Ilustrasi logo browser atau peramban web Google Chrome (Ilustrasi/INDOZONE/Ferry)
Tech

Google Ingin Ekstensi di Chrome Lebih Transparan Terkait Penggunaan Data

Kini developer diminta beri informasi terkait data yang dipakai!

Selasa, 24 November 2020 10:55 WIB 24 November 2020, 10:55 WIB

INDOZONE.ID - Ekstensi kini menjadi salah satu fitur utama yang terdapat di browser berbasis Chromium, salah satu browser Chromium yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome sebab terdapat Chrome Web Store yang berisikan banyak ekstensi yang berguna.

Namun seperti yang kita ketahui, tentu ada sejumlah pengembang ekstensi Chrome yang membuat sebuah ekstensi yang dapat mencuri informasi penggunanya. Hal tersebut yang membuat para pengguna Chrome harus waspada untuk tidak menginstall ekstensi secara sembarangan meski diunduh dari Chrome Web Store.

Baca Juga: Google Perpanjang Dukungan Chrome untuk Windows 7 Sampai Tahun 2022

Google pun baru-baru ini telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menerapkan aturan baru dimana semua pengembang ekstensi yang mendistribusikan ekstensi mereka ke Chrome Web Store harus memberikan info terkait data apa saja yang digunakan agar ekstensi tersebut dapat bekerja dengan lancar.

Tampilan situs Chrome Web Store untuk browser Google Chrome
Tampilan situs Chrome Web Store untuk browser Google Chrome (photo/Google)

Aturan yang bakal berlaku mulai bulan Januari tahun 2021 nanti ini juga mewajibkan para developer untuk memiliki sertifikasi yang menyebutkan developer ini telah mengikuti aturan penggunaan data pengguna.

Baca Juga: Popularitas Chromebook dan Tablet Meningkat Drastis di Tahun Ini!

"Menjaga data para pengguna adalah apa yang kami kerjakan di Chrome. Tahun lalu, Google Project Strobe telah mengumumkan aturan baru untuk penggunaan ekstensi demi menjaga data para pengguna. Aturan ini membuat pengembang ekstensi hanya bisa mendapat akses kepada data tertentu saja," tulis pihak Google.

Seperti yang disebutkan tadi, tujuan utama Google untuk menambahkan aturan ini adalah agar seluruh pengguna Google Chrome bisa lebih tenang ketika mereka menginstall ekstensi dari Chrome Web Store karena data pribadi mereka akan tetap aman dan tak disalahgunakan untuk berbagai keperluan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US