The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Semua Perangkat Elektronik di Prancis Bakal Miliki Label untuk Rating Perbaikan!
Tampilan logic board dari smartphone iPhone 12 Pro Max buatan Apple (photo/iFixit)
Tech

Semua Perangkat Elektronik di Prancis Bakal Miliki Label untuk Rating Perbaikan!

Agar tau apakah perangkat yang dibeli mudah diperbaiki atau tidak

Kamis, 26 November 2020 10:30 WIB 26 November 2020, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini parlemen Eropa telah melakukan voting agar menentukan aturan baru dimana nantinya semua perangkat elektronik yang dijual di Eropa wajib hadir dengan label yang menampilkan rating perbaikan.

Diketahui bahwa tujuan dihadirkannya label tersebut agar konsumen yang membeli barang elektronik dapat mengetahui apakah perangkat elektronik tersebut bisa diperbaiki dengan mudah atau tidak. Aturan ini sudah disetujui oleh pemerintah Eropa.

Baca Juga: Bangunan 5 Lantai di Tiongkok Ini Dipindahkan Menggunakan Mesin!

"Kami berharap hal ini bisa dilakukan dengan cepat sehingga seluruh produk elektronik yang dijual di Eropa bisa menghadirkan indeks skor perbaikan agar membantu konsumen agar semakin percaya diri saat berbelanja barang-barang elektronik," ucap Ugo Vallauri selaku Co-Founder dari Restart Project.

Nantinya aturan tersebut bakal berlaku pada bulan Januari tahun 2021 mendatang dan Prancis yang akan menjadi negara pertama untuk menerapkan aturan ini. Diketahui nantinya label tersebut bakal ditampilan di smartphone dan barang elektronik lainnya.

Baca Juga: Rumor: Bakal Ada 5 Smartphone dengan Snapdragon 875 yang Dirilis di Q1 2021

Label yang ditampilkan pun akan hadir dalam bentuk rating angka dari 0 sampai 10, dimana semakin tinggi angkanya maka semakin mudah sebuah perangkat elektronik untuk bisa diperbaiki. Kurang lebih sistem rating ini mirip seperti rating dari iFixit.

Label rating perbaikan barang elektronik di Eropa
Label rating perbaikan barang elektronik di Eropa (photo/GSMArena)

Tujuan lain pemerintah Eropa untuk menerapkan aturan ini adalah agar konsumen dapat memperbaiki barang elektronik yang bisa diperbaiki dengan mudah sehingga konsumen tidak perlu membeli perangkat baru yang tentu akan membuat sampah elektronik menjadi bertambah banyak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US