The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apple Kini Bisa Hemat Miliaran Dollar Usai Tinggalkan Intel, Apa Alasannya?
Perangkat Mac Pro terbaru buatan Apple (photo/9to5Mac)
Tech

Apple Kini Bisa Hemat Miliaran Dollar Usai Tinggalkan Intel, Apa Alasannya?

Kamis, 09 Juli 2020 14:44 WIB 09 Juli 2020, 14:44 WIB

INDOZONE.ID - Dalam event WWDC 2020 kemarin, Apple telah resmi mengumumkan bahwa pihaknya sudah tak memakai prosesor buatan Intel lagi untuk perangkat Mac-nya. Diketahui Apple mengumumkan Apple Silicon yang dibuat sendiri oleh Apple dengan basis ARM.

Selain membuat Apple tidak harus bergantung lagi kepada Intel, ternyata keputusan yang diambil Apple tersebut membuat perusahaan asal Cupertino, AS ini bisa menghemat pengeluaran hingga miliaran dollar.

Berdasarkan laporan dari analis di Trefis, diketahui bahwa Apple dapat menghemat hingga US$2,2 miliar jika mereka sudah menggunakan prosesor buatannya sendiri secara menyeluruh.

Tim Cook saat memperkenalkan transisi ke Apple Silicon
Tim Cook saat memperkenalkan transisi ke Apple Silicon (photo/Dok. Apple)

Angka tersebut didasarkan kepada harga rata-rata dari prosesor Intel yang dibandingkan dengan jumlah perangkat Mac yang diproduksi setiap tahunnya.

Selain itu disebutkan bahwa untuk produksi setiap prosesor, Apple kini bisa menghemat sekitar US$110 dan berpotensi membuat harga perangkat Mac jadi lebih murah ke depannya.

Apalagi penggunaan prosesor buatan sendiri juga membuat Apple bisa melakukan optimisasi terhadap prosesor mereka dengan lebih leluasa untuk dapat menghadirkan performa terbaik untuk seluruh Mac buatannya sama seperti perangkat iPhone miliknya yang kini menggunakan chipset buatan sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US