Fenomena Super Pink Moon Bakal Muncul Malam Ini 
Ilustrasi fenomena super pink moon. (First Post)
Tech

Fenomena Super Pink Moon Bakal Muncul Malam Ini 

Fenomena alam unik.

Selasa, 07 April 2020 14:06 WIB 07 April 2020, 14:06 WIB

INDOZONE.ID - Fenomena alam cantik supermoon bakal terlihat pada pekan kedua April 2020. Tepatnya malam tanggal 7 hingga 8 April, super pink moon bisa terlihat jelas, khususnya di India pada pukul 08.00 pagi waktu setempat. 

Jika kamu belum tahu fenomena supermoon itu apa, menurut NASA, supermoon terjadi ketika bulan purnama berada dekat dengan Bumi. Bulan berputar di sekitar Bumi dalam orbit oval dan memiliki titik jauh dan terdekat dari Bumi.

Titik terjauh dalam fenomena supermoon disebut apoge dan rata-rata berjarak 405.500 kilometer dari Bumi. Sedangkan pada titik dekatnya yang disebut perige, adalah jarak rata-rata sekira 363.300 kilometer dari Bumi. 

Ketika bulan purnama itu muncul di perigee, maka cahayanya akan lebih terang dari bulan purnama biasa. Fenomena ini disebut supermoon. 

Super pink moon
Ilustrasi super pink moon. (India Today)

Seperti dikutip First Post, Selasa (7/4/2020), super pink moon, namanya terinspirasi dari bunga liar merah muda atau white ground phlox yang mekar selama musim semi di Amerika Utara. 

Meski tahun ini ada sejumlah supermoon yang bakal terlihat dari bumi, namun super pink moon kali ini dikatakan menjadi bulan purnama terbesar dan paling terang. 

Bahkan cahaya yang dipantulkan mencapai 7 hingga 15 persen dari terang bulan purnama biasa. Fenomena ini juga kerap disebut sebagai sprouting grass moon, fish moon, hare moon dan egg moon

Perlu diketahui, super pink moon juga kerap disebut sebagai bulan Paskah, sebab dalam kalender Kristen, fenomena alam tersebut digunakan untuk menentukan tanggal Paskah. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Dinno Baskoro
JOIN US