The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Hanya Game, Kecanduan Belanja Online Juga Termasuk Gangguan Mental
photo/Unsplash/Rupixen
Tech

Tak Hanya Game, Kecanduan Belanja Online Juga Termasuk Gangguan Mental

Senin, 18 November 2019 10:24 WIB 18 November 2019, 10:24 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini trend belanja online memang sudah sangat banyak dilakukan oleh orang-orang. Pasalnya mereka dapat dengan mudah membeli barang apapun tanpa keluar rumah sama sekali.

Namun ada kasus dimana belanja online bisa membuat pengguna menjadi kecanduan. Pengguna yang kecanduan belanja online biasanya terus berbelanja barang apapun meskipun yang ia tidak butuhkan sama sekali.

Shopping
photo/Pexels/Bruce Mars

Baru-baru ini para peneliti dari Hannover Medical School, Jerman mengatakan bahwa kecanduan belanja online atau yang disebut dengan Buying Shopping Disorder (BSD) sudah harus diklasifikasikan sebagai penyakit mental.

"Sekarang waktunya untuk mengakui BSD sebagai sebuah kondisi kesehatan mental yang cukup berbahaya dan harus di tindak lanjuti" ucap salah seorang peneliti bernama Dr Astrid Muller.

Pasalnya BSD dikatakan dapat menyebabkan para pengguna untuk terus membeli barang dan merasa bahwa hal tersebut adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan.

Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat memicu stres, masalah keluarga, hingga penimbunan barang tak berguna sehingga menjadi merugikan diri sendiri dan orang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US