The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Virus Zombie Berusia 48.500 Tahun Ditemukan Ilmuwan, Ancaman Baru Bagi Umat Manusia!
Ilustrasi Zombie. (FREEPIK/Racool_studio)
Tech

Virus Zombie Berusia 48.500 Tahun Ditemukan Ilmuwan, Ancaman Baru Bagi Umat Manusia!

Virus tersebut dapat menular ke manusia

Jumat, 02 Desember 2022 09:41 WIB 02 Desember 2022, 09:41 WIB

INDOZONE.ID - Kabar tentang pencairan permafrost kuno yang disebabkan oleh perubahan iklim menimbulkan kepanikan pada umat manusia di seluruh dunia.

Pasalnya, di dalam permafrost itu terdapat sebuah virus zombie berusia 48.500 tahun dalam kondisi membeku yang tiba-tiba ditemukan saat fenomena pencairan fermafrost terjadi. 

Baca Juga: Ilmuwan Beri Tata Cara Berkomunikasi dengan Kucing, Cat Lovers Harus Tau!

Dilansir dari Fortune, sekelompok peneliti Eropa telah memeriksa sampel virus yang dikumpulkan dari permafrost di wilayah Siberia, Rusia. Mereka menghidupkan kembali dan mengkarakterisasi 13 patogen baru, yang mereka sebut sebagai "virus zombie".

“Kemungkinan permafrost kuno akan melepaskan virus yang tidak diketahui ini setelah pencairan. Berapa lama virus ini dapat tetap menular setelah terpapar kondisi luar ruangan dan seberapa besar kemungkinan mereka akan bertemu serta menginfeksi inang yang sesuai dalam selang waktu tersebut, masih belum dapat diperkirakan,” kata peneliti. 

Virus Zombie
Ilustrasi Tangan Zombie. (FREEPIK)

Lebih lanjut, mereka menyebut situasi ini akan menjadi berbahaya untuk tumbuhan, hewan, dan juga manusia.

“Situasinya akan jauh lebih berbahaya dalam kasus penyakit tumbuhan, hewan, atau manusia yang disebabkan oleh kebangkitan virus kuno yang tidak diketahui,” jelasnya. 

Dengan menggunakan biakan amuba sel tunggal hidup, mereka membuktikan bahwa "virus zombie" ini masih berpotensi menjadi patogen menular. Virus berusia hampir 50.000 tahun ini mampu menginfeksi organisme lain, tulis Zee News

Baca Juga: Ilmuan MIT Gunakan AI Untuk Prediksi Wajah Hanya Dari Suara

Ahli mikrobiologi Jean-Marie Alempic dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis akan melakukan penelitian lebih lanjut, namun ia sempat memastikan bahwa virus zombie tidak akan mengancam kesehatan masyarakat.

"Ini salah menunjukkan bahwa kejadian seperti itu jarang terjadi dan bahwa 'virus zombie' bukanlah ancaman kesehatan masyarakat," ujarnya.

So, kita tunggu kelanjutan penelitiannya saja ya guys! 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US