The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sadis! TikTok akan Pecat Karyawan yang Rumahnya Jauh dari Kantor
Ilustrasi TikTok. (REUTERS/Mike Blake)
Tech

Sadis! TikTok akan Pecat Karyawan yang Rumahnya Jauh dari Kantor

Kamis, 26 Januari 2023 18:30 WIB 26 Januari 2023, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Karyawan TikTok yang bekerja dari jarak jauh mendapatkan peringatan keras dari perusahaan asal China itu. Hanya saja, peringatan itu terkait dengan aturan yang tak lazim diterapkan di perusahaan.

Tempat tinggal karyawan TikTok yang berdomisili di Amerika Serikat kini harus dekat dari kantor. Jika tidak, maka perusahaan bakal memberikan sanksi yang sangat berat kepada para karyawannya.

"Jangan tinggal terlalu jauh dari kantor fisik TikTok, atau kamu dapat dipecat," demikian peringatan itu dilansir dari Tech, Kamis (26/1/2023).

Baca Juga: Cara Melihat Video yang Pernah Ditonton di TikTok Melalui Android dan iOS

Perubahan kebijakan ini diumumkan langsung oleh TikTok melalui aplikasi pesan singkat internal Lark . Pesan itu pun sukses membuat para karyawan panik bukan kepalang.

Pengumuman itu menuntut karyawan untuk memberikan bukti lokasi persis rumah mereka, apakah jauh dari kantor TikTok tempat mereka bekerja atau tidak.

TikTok Pecat Karyawan
Ilustrasi TikTok. (REUTERS/Dado Ruvic)

Setiap karyawan yang jarak rumahnya cukup dekat dengan kantor, diwajibkan untuk Work From Office (WFO) setidaknya dua kali dalam seminggu. Kebijakan ini sudah mulai berjalan sejak tanggal 1 Januari 2023 dan seluruh karyawan harus mentaatinya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perusahaan siap memberikan sanksi berupa teguran hingga pemutusan hubungan kerja, jika masih ada karyawan yang 'bandel'.

Baca Juga: Tegas! University of Texas Larang Mahasiswanya Pakai WiFi Kampus untuk Buka TikTok

Aksi yang dilakukan oleh TikTok bukanlah hal yang aneh. Perusahaan lain seperti Twitter hingga Disney, telah membatalkan kebijakan kerja jarak jauh semenjak pandemi COVID-19 sudah berangsur pulih.

Perusahaan berharap agar kebijakan WFO dapat membuat para karyawannya lebih produktif, dan menjadikan rumah sebagai tempat yang benar-benar digunakan untuk beristirahat, bukan sebagai tempat bekerja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Bagas Aulia Ananto
JOIN US
JOIN US