The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Asal, Pengguna TikTok Harus Memahami Esensi Sebuah Platform Hiburan
Ilustrasi remaja bermain TikTok. (freepik)
Tech

Jangan Asal, Pengguna TikTok Harus Memahami Esensi Sebuah Platform Hiburan

Berdampak positif dan negatif.

Rabu, 24 Juni 2020 18:07 WIB 24 Juni 2020, 18:07 WIB

INDOZONE.ID - Bermain dan mengunggah aplikasi TikTok di media sosial sudah menjadi suatu gaya hidup yang dijalani masyarakat saat ini. Tua maupun muda semua terlena dengan keasikan dan keseruan aplikasi TikTok.

Ragam interaksi yang dimainkan membuat seseorang mengaku ketagihan bahkan kecanduan. Seperti yang dialami remaja berusia 18 tahun bernama Kesar. Dalam akun Instagramnya @kesarnst menceritakan pengalaman aneh yang dialami tubuhnya semenjak aktif bermain TikTok.

Pada dasarnya, setiap media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Namun, menerapkan sistem kontrol diri saat bermain minim dilakukan pengguna.

"Ketika intensitas, frekuensi dan durasi pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan dan produktivitas pengguna maka akan jelas manfaatnya. Misalnya, mengasah bakat, mengekspresikan diri, berbagai inspirasi, sampai menjadi micro selebrity yang mendapatkan penghasilan," kata psikolog, Mazdha Ariefriyendho, M.Psi., Psikolog, saat dihubungi Indozone, Rabu (24/6/2020).

Sebaliknya, apabila pengguna tidak memahami betul tujuan bermain TikTok maka akan mengalami deretan pengaruh negatif di dalamnya. Dampak negatif tersebut bisa saja terjadi, terlebih lagi ketika penggunanya mulai membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

"Seseorang yang merasa kecanduan media sosial umumnya ingin menunjukkan eksistensi yang lebih besar. Sehingga bisa saja menggantungkan keberhargaan dirinya sendiri," tambahnya.

Oleh sebab itu dibutuhkan kesiapan yang matang bagi seseorang yang ingin bermain media sosial kekinian seperti TikTok. Sehingga konten yang diunggah bisa memberikan kebahagiaan bagi kreator dan penonton.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US