The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

FBI Kembangkan Aplikasi Perpesanan Khusus, Berhasil Jebak Ratusan Penjahat!
Tampilan logo dari Biro Investigasi Federal atau FBI (photo/REUTERS/Yuri Gripas)
Tech

FBI Kembangkan Aplikasi Perpesanan Khusus, Berhasil Jebak Ratusan Penjahat!

Kamis, 10 Juni 2021 09:43 WIB 10 Juni 2021, 09:43 WIB

INDOZONE.ID - Biro Investigasi Federal atau yang lebih dikenal dengan sebutan FBI memang memiliki banyak sekali cara untuk melakukan investigasi dan menemukan penjahat. Kini salah satu metode yang digunakan oleh FBI pun telah terungkap yaitu dengan menggunakan aplikasi.

Diketahui bahwa FBI diam-diam telah mengoperasikan aplikasi bernama ANOM selama 2 tahun agar mereka dapat melacak dan menjebak penjahat sehingga lebih mudah ditangkap.

ANOM sendiri awalnya diluncurkan sebagai aplikasi perpesanan yang menawarkan layanan perpesanan terenkripsi sehingga tidak bisa dilacak oleh penegak hukum, termasuk FBI.

Tetapi siapa sangka jika pihak developer dari aplikasi tersebut sudah bekerja sama dengan FBI sehingga kini semua pesan yang dikirimkan melalui aplikasi tersebut telah dipantau oleh FBI.

Setelah diunduh oleh lebih dari 12.000 perangkat, diketahui bahwa kini aplikasi tersebut sudah menerima 27 juta pesan dan sebanyak 800 pelaku kejahatan pun telah ditangkap.

Berdasarkan informasi dari The Verge, pihak FBI pun telah mengamankan barang bukti seperti delapan ton kokain, 22 ton ganja, 250 senjata apu, dan juga uang senilai US$48 juta dalam bentuk fisik dan crypto.

Para pengguna aplikasi ANOM yang kebanyakan merupakan mafia di Italia, geng motor, dan juga jaringan narboka tidak menyadari jika aplikasi yang mereka gunakan ini memiliki kunci khusus yang bisa memungkinkan pihak tertentu untuk membongkar isi percakapan dari aplikasi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US