The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Aplikasi 'Ada Polisi' Resmi Diluncurkan, Kapolda Metro: Inovasi Polisi Modern
Perilisan aplikasi Ada Polisi. (Polda Metro Jaya)
Tech

Aplikasi 'Ada Polisi' Resmi Diluncurkan, Kapolda Metro: Inovasi Polisi Modern

Kamis, 17 November 2022 20:29 WIB 17 November 2022, 20:29 WIB

INDOZONE.ID - Aplikasi bernama Ada Polisi besutan Polda Metro Jaya resmi diluncurkan pada hari ini. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut aplikasi ini sebagai bentuk transformasi polisi ke arah polisi modern.

Peluncuran aplikasi ini diluncurkan pada hari ini di Polda Metro Jaya. Irjen Fadil memimpin langsung peluncuran aplikasi tersebut.

"Program Ada Polisi adalah inovasi Polda Metro Jaya untuk menerapkan pemolisian modern yang berorientasi pada pencegahan khususnya kejahatan jalanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya dengan teknologi digital disertai dengan aksi nyata di lapangan," kata Irjen Fadil dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Goreng Belut Lado Mudo, Lauk Favoritnya Orang Minang

Irjen Fadil menyebut aplikasi ini sebagai bentuk keseriusan dirinya untuk mengedepankan fungsi Binmas. Dia juga menyebut tindakan kejahatan tidak akan pernah hilang dan harus dihadapi dengan mengedepankan pencegahan.

"Kejahatan jalanan tidak pernah hilang bahkan justru semakin variatif. Bila menggunakan pendekatan penegakan hukum maka masalah ini tidak akan kunjung selesai. Inilah mengapa di era pemolisian modern, pendekatan yang perlu dikedepankan ialah pencegahan," beber Fadil.

Terpisah, Koorspripim Polda Metro Jaya, AKBP Iverson Monossoh yang merupakan Ketua Pokja Aplikasi Ada Polisi menyebut aplikasi ini sebagai bentuk pencegahan terjadinya tindak pidana. Aplikasi ini disebutnya juga berguna sebagai bank data tindak kejahatan yang terjadi di Jakarta.

Baca Juga: Tajir Melintir! PM Inggris Rishi Sunak Ternyata Lebih Kaya dari Raja Charles III

"Dengan demikian kita dapat mengidentifikasi akar masalah, menganalisa karakteristik dan pola kejahatan baik tempat, waktu, sarana, alat kekerasan termasuk penggunaan Narkoba dan minuman keras oleh pelaku," kata Iver.

"Semua akan menjadi informasi penting bagi Polri maupun stakeholder terkait, dalam menciptakan ekosistem yang membuat kejahatan jalanan sulit terjadi," sambungnya.

Diketahui Binmas Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi bernama Ada Polisi. Aplikasi ini berisi data-data terkait data statistik, karakteristik hingga sebab-sebab terjadinta tindakan kejahatan di Ibu Kota dan sekitarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
Samsudhuha Wildansyah
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US