The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

YouTube Shorts Mulai Jadi Idola Baru Gen Z
Youtube Shorts. (Dok. Google)
Tech

YouTube Shorts Mulai Jadi Idola Baru Gen Z

YouTube Shorts Mulai Jadi Idola Baru Gen Z

Minggu, 30 Oktober 2022 05:07 WIB 30 Oktober 2022, 05:07 WIB

INDOZONE.ID - Sejak YouTube Shorts diluncurkan pada tahun 2021, channel yang mengunduh video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton, dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengunduh video berdurasi panjang. 

Menurut laporan Budaya dan Tren YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.

Baca Juga: Presiden Gen Z Rian Fahardhi Bicara Metaverse: Sebuah Kemajuan dan Juga Kesalahan

“Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia melansir laman Google, Sabtu (29/10/2022).

Grafik Meningkat

Pada Februari 2022, masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android. 

Menurut data YouTube, pada Q1 2022, watch-time (year-on-year, or YoY) tumbuh secara signifikan untuk Video tim sepak bola Indonesia (naik 400%, atau 3x, Year-on-Year).

Randy Jusuf, Country Director, Google Indonesia, membuka acara Brandcast 2022. (Dok. Google)
Randy Jusuf, Country Director, Google Indonesia, membuka acara Brandcast 2022. (Dok. Google)

Kemudian video renovasi (naik 70% YoY), dan waktu Tonton untuk video Motivasi Kebugaran Wanita (naik 100%).

Baca Juga: Gen Z Bisa Redam Polarisasi di Pemilu 2024, Ini Alasannya

“Mulai dari awareness hingga action, hubungan yang mendalam ini memberi peranan yang jelas dan bernilai kepada brand di sepanjang perjalanan konsumen,” tambah Yolanda. 

“Dengan alat berkelas dunia yang dimiliki oleh Google, Anda punya cara tanpa batas untuk menceritakan kisah brand Anda, merencanakan campaign berikutnya dengan tepat, dan mengukur hasilnya untuk memaksimalkan upaya marketing,” lanjutnya.

Di Indonesia, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US