The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Google Resmi Hadirkan Cloud Platform Miliknya Sendiri di Indonesia
Logo perusahaan Google (photo/Unsplash/Rajeshwar Bachu)
Tech

Google Resmi Hadirkan Cloud Platform Miliknya Sendiri di Indonesia

Kamis, 25 Juni 2020 09:46 WIB 25 Juni 2020, 09:46 WIB

INDOZONE.ID - Google baru saja resmi meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) terbarunya yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Diketahui peluncuran GCP ini bertujuan untuk membantu bisnis serta startup di Indonesia sehingga cepat beralih ke industri digital.

CEO Google, Sundar Pichai pun mengatakan bahwa kehadiran Google Cloud Platform ini diharapkan bisa bermanfaat bagi Indonesia agar perusahaan nantinya dapat menggunakan AI dan Data Analytics mereka.

"Ini hanyalah sebagian cara kami untuk membuat Google lebih bermanfaat di Indonesia. Hari ini kami mengumumkan pembukaan Google Cloud baru di Jakarta. Region baru ini akan mempermudah para perusahaan baik itu kecil dan besar," ucap Pichai melalui peluncuran GCP Jakarta secara virtual.

Dengan ini, Jakarta pun telah berhasil menjadi lokasi GCP kedua di Asia Tenggara yang dibuat oleh Google saat ini. Sebelumnya pihaknya sendiri sudah memiliki Cloud Platform sendiri yang berlokasi di Singapura.

Logo perusahaan Google di Santiago, Chile
Logo perusahaan Google di Santiago, Chile (photo/REUTERS/Ivan Alvarado)

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate juga mengatakan bahwa upaya Google ini sangatlah penting bagi pengembangan teknologi digital di Indonesia. Namun dirinya menekankan Google agar memperkuat keamanan dan privasi data pengguna.

Kehadiran GCP di Jakarta ini juga disertai dengan hadirnya layanan Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery. Tak menutup kemungkinan layanan Google Stadia juga akan dirilis dalam waktu dekat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US