Memudahkan Tuna Netra, WeWalk Meluncurkan Tongkat Pintar
ilustrasi orang tuna netra (Boredpanda)
Tech

Memudahkan Tuna Netra, WeWalk Meluncurkan Tongkat Pintar

Diciptakan langsung oleh insinyur tuna netra

Bela
Rabu, 11 September 2019 13:30 WIB 11 September 2019, 13:30 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan teknologi berkembang pesat di era sekarang, ada beragam produk teknologi yang sangat membantu manusia, mulai dari smartphone, smartwatch, hingga peralatan teknologi lainnya. 

Beragam kekuatan teknologi terbaru tidak lagi mengejutkan, setelah peluncuran teknologi baru untuk membantu kaum tuna netra. 

Teknologi untuk kaum tuna netra tersebut adalah tongkat yang diciptakan oleh seorang insinyur tuna netra bernama Kursat Ceylan, yang merupakan CEO dan salah satu pendiri Akademi Guru Muda di Turki, organisasi nirlaba di balik tongkat pintar WeWalk.

Ceylan yang juga merupakan seorang tuna netra mengetahui secara langsung tantangan apa yang dihadapi orang-orang seperti dia dan ia pun memutuskan untuk menempatkan ilmunya dalam menciptakan sesuatu yang bisa meningkatkan kehidupan orang lain. 

"Pada hari ini, kita berbicara tentang mobil terbang, tetapi orang-orang ini hanya menggunakan tongkat biasa. Sebagai orang tuna netra, ketika saya berada di stasiun Metro, saya tidak tahu siapa orang yang keluar. Saya tidak tahu bus mana yang mendekati, dan toko mana yang ada di sekitar saya. Informasi semacam itu diberikan dengan tongkat WeWalk," katanya kepada CNN, dilansir dari boredpanda

Tongkat pintar ini dapat digunakan sehari-hari yang dilengkapi dengan peralatan speaker yang dapat menginformasikan siapa pun yang menggunakannya dan dapat menunjukkan toko-toko terdekat dengan perincian lingkungan sekitar. 

tongkat pintar WeWalk
Tongkat pintar WeWalk (boredpanda)

Tongkat pintar WeWalk juga menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi rintangan di atas permukaan dada. Dilengkapi dengan Asisten suara dan Google Maps juga yang dapat terintegrasi dengan ponsel. 

Menurut Good News Network, ketika perusahaan memperoleh daya tarik, Ceylan berharap dapat menambahkan lebih banyak inovasi seperti bermitra dengan aplikasi berbagi perjalanan, dan layanan transportasi lainnya. Hal ini akan memungkinkan orang tuna netra dapat merasakan perjalanan keluar lebih mudah dan terbantu. 

ilustrasi orang tuna netra yang menggunakan tongkat pintar
ilustrasi orang tuna netra yang menggunakan tongkat pintar (boredpanda)

Tongkat pintar WeWalk sudah bisa dipesan dan dibanderol seharga US$500, konsumen bisa membeli ekstensi yang melekat pada tongkat putih tradisional, dilansir dari situs web perusahaan. 

Kedepannya, tongkat pintar WeWalk dapat berintegrasi dengan ponsel dengan beragam perkembangan fitur terbaru, dan memudahkan pembaruan perangkat lunak. 

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Bela

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE