The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

NASA Perlihatkan Video Aktivitas Matahari Selama 10 Tahun Terakhir Ini
Foto permukaan Matahari yang diambil oleh NASA (photo/Dok. NASA)
Tech

NASA Perlihatkan Video Aktivitas Matahari Selama 10 Tahun Terakhir Ini

Minggu, 05 Juli 2020 11:36 WIB 05 Juli 2020, 11:36 WIB

INDOZONE.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS atau NASA baru-baru ini telah mengunggah sebuah video time-lapse dari aktivitas Matahari selama 10 tahun terakhir ini. Diketahui foto-foto tersebut diambil oleh Solar Dynamics Observatory (SDO).

Proyek tersebut diketahui telah dilakukan sejak tanggal 2 Juni tahun 2010 lalu dan baru selesai pada tanggal 1 Juni 2020 kemarin. Pihak NASA pun juga menyebutkan bahwa satu detik dari video tersebut setara dengan aktivitas Matahari dalam 1 hari.


Alhasil didapatkan video berdurasi lebih dari satu jam yang dikumpulkan dari 425 juta foto Matahari dengan resolusi sangat tinggi dan diprediksi memiliki ukuran data hingga 20 juta GB.

"Film ini menunjukkan satu dekade dari Matahari dalam waktu 61 menit. Ditunjukkan dengan naik dan turunnya aktivitas yang muncul dari daur 11 tahun Matahari," ucap pihak NASA menanggapi video ini.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa aktivitas dari Matahari sendiri bisa dibilang masih normal dan hanya terdapat sedikit gelombang panas yang keluar dari bintang tersebut selama satu dekade terakhir.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US