The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

MacBook dengan Prosesor Apple M1 Masih Bisa Jalankan OS Windows 10!
Tampilan MacBook Pro 13 inci dengan prosesor Apple M1 (photo/Dok. AppleInsider)
Tech

MacBook dengan Prosesor Apple M1 Masih Bisa Jalankan OS Windows 10!

Tidak menutup kemungkinan Windows 10 untuk tetap bisa digunakan

Senin, 30 November 2020 13:45 WIB 30 November 2020, 13:45 WIB

INDOZONE.ID - Apple baru saja resmi meluncurkan perangkat Mac terbarunya yang dibekali dengan prosesor Apple M1 berbasis ARM. Penggunaan prosesor terbaru ini juga menghadirkan peningkatan besar dari segi performa dan juga daya tahan dari perangkat tersebut.

Namun salah satu hal yang membuat banyak orang khawatir adalah apakah perangkat Mac yang dibekali dengan prosesor Apple M1 ini masih bisa menjalankan sistem operasi Windows 10 atau tidak. Pasalnya seperti yang kita ketahui, sistem operasi Windows dirancang untuk berjalan di chipset x86 sementara Apple M1 merupakan prosesor yang berbasis ARM.

Baca Juga: Apple Hadirkan Kembali 'PC Guy' untuk Pamerkan Kemampuan Chipset Apple M1

Ternyata penggunaan prosesor Apple M1 berbasis ARM tidak menutup kemungkinan perangkat Mac terbaru untuk menjalankan sistem operasi Windows. Hal tersebut pun dibuktikan oleh seorang developer bernama Alexander Graf yang sukses menjalankan sistem operasi Windows 10 di MacBook miliknya.

Ilustrasi prosesor Apple M1 berbasis arsitektur ARM
Ilustrasi prosesor Apple M1 berbasis arsitektur ARM (photo/Dok. Apple)

Melalui akun Twitter pribadinya, Alexander Graf pun memperlihatkan tampilan sistem operasi Windows 10 yang berjalan di MacBook miliknya menggunakan software emulator QEMU yang sudah dimodifikasi.

"Siapa bilang Windows tidak bisa berjalan dengan baik di Apple Silicon?" tulis Alexander Graf menunjukkan performa MacBook Apple M1 yang cukup baik ketika menjalankan sistem operasi besutan Microsoft ini.

Baca Juga: MacBook Pro Baru Apple dengan Chipset M1 Punya Daya Tahan Hingga 17 Jam!

Diketahui bahwa Graf menggunakan Windows 10 Insider Preview versi ARM yang biasanya digunakan pada perangkat Surface milik Microsoft. Ternyata performa yang dihadirkan dari perangkat MacBook yang menjalankan Windows 10 ini lebih kencang 60 hingga 80 persen daripada perangkat Surface Pro X.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US