The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ketahuan Curi 178 Juta Data Pengguna, Hacker Asal Ukraina Ini Digugat Facebook!
Ilustrasi Facebook (photo/REUTERS/Dado Ruvic)
Tech

Ketahuan Curi 178 Juta Data Pengguna, Hacker Asal Ukraina Ini Digugat Facebook!

Selasa, 26 Oktober 2021 15:40 WIB 26 Oktober 2021, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Raksasa sosial media Facebook baru-baru ini menggugat seorang hacker asal Ukraina bernama Alexander Solonchenko yang ketahuan melakukan peretasan terhadap server Facebook dan mencuri ratusan juta data penggunanya.

Dikutip dari The Record, disebutkan bahwa Solonchenko telah mencuri sekitar 178 juta data pengguna Facebook yang kebanyakan dari Amerika Serikat dan dijual melalui situs RaidForums.

Data-data tersebut pun diperoleh melalui fitur impor kontak di layanan Messenger. Aksi pencurian data itu pun terjadi dari bulan Januari tahun 2018 sampai ke bulan September 2019.

Disebutkan bahwa ternyata Solonchenko sendiri bekerja sebagai seorang programmer freelance. Ia menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti Python, PHP, hingga Xrumer. Tak heran jika ia memiliki kemampuan untuk meretas server Facebook.

Alhasil kini Facebook menggugat Solonchenko dan menuntut ganti rugi atas apa yang sudah dilakukan olehnya. Tidak diketahui hukuman seperti apa yang bakal diterima oleh Solonchenko setelah terbukti bersalah melakukan tindakan peretasan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US