The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Modus Penipuan Baru! Pura-pura Kirim Foto Paket di WA, Padahal Aplikasi Penguras Rekening
Ilustrasi kejahatan siber. (Freepik/Who is Danny)
Tech

Modus Penipuan Baru! Pura-pura Kirim Foto Paket di WA, Padahal Aplikasi Penguras Rekening

Selasa, 06 Desember 2022 12:12 WIB 06 Desember 2022, 12:12 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini viral di media sosial modus penipuan baru berkedok kirim foto paket di WhatsApp. Tulisan foto paket itu rupanya sebuah aplikasi yang bisa menguras rekening korban.

Modus penipuan terbaru ini pertama kali disampaikan oleh pemerhati kejahatan siber dengan akun Instagram @evan_neri.tftt.

"Ini modus kejahatan siber yang baru. Pelaku pura-pura dari jasa ekspedisi lalu mengirimkan file dengan ekstensi APK. Kalau tidak jeli dan hanya melihat judul file, bakal terkecoh pingin nge-klik dan unduh file nya," tulisnya di Instagram.

Baca Juga: Baim Wong Sambangi Bareskrim Polri, Nama Dicatut Modus Penipuan Giveaway

Evan mengatakan, korban yang mengunduh aplikasi itu tanpa sadar saldo rekeningnya sudah habis dikuras. Padahal korban tak membuka aplikasi atau memasukkan user id atau password di situs lain.

"Diduga file yang dikirim oleh pelaku dan diunduh oleh korban tsb adaah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban (seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password), atau istilah dalam dunia hacking disebut SNIFFING," tambah Evan.

Evan menambahkan, kemungkinan aplikasi yang dikirim penipu itu bejenis malware RAT (Remote Administrator Tool). Di mana si penipu bisa mengambil alih handphone korban dan mengoperasikannya di balik layar.

Unggahan Evan seketika viral dan dipenuhi komentar netizen. Banyak dari mereka mengaku sudah jadi korban penipuan ini.

Baca Juga: Telegram OTP Scam Bisa Akibatkan Kejahatan Cyber dengan Mencuri Uang di ATM Mobile

"Aku adalah korbannya, tabungan direk ludess," tulis seorang netizen

"Saya 2 mnggu yg lalu mnjdi korban brimo link, uang 3,5jt hilang di trf ke allo bank n untuk bayar tagihan online," ujar lainnya.

"Temenku ludes 11 jeti, katanya Jn*Expressnya minta konfirmasi ulang alamat, terus temanku diminta instal aplikasi serupa dengan JN* gitu," timpal netter lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US