The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kelompok Hacker Retas Datacenter Berisi Server HP untuk Tambang Cryptocurrency!
Ilustrasi seseorang sedang mengatur server (Ilustrasi/Unsplash/ThisisEngineering RAEng)
Tech

Kelompok Hacker Retas Datacenter Berisi Server HP untuk Tambang Cryptocurrency!

Selasa, 28 Desember 2021 09:38 WIB 28 Desember 2021, 09:38 WIB

INDOZONE.ID - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mata uang digital. Yang pertama adalah dengan membelinya secara langsung, atau melakukan proses mining atau penambangan yang membutuhkan hardware mumpuni.

Namun karena tidak semua orang memiliki hardware yang cukup untuk melakukan mining, alhasil berbagai cara pun dilakukan dimana salah satunya adalah meretas server yang ada di datacenter.

Baru-baru ini terdapat laporan dimana sebuah datacenter yang berisikan server milik HP telah diretas dan kelompok hacker yang meretas server tersebut pun memanfaatkannya untuk menambang cryptocurrency.

Dikutip dari Ubergizmo, diketahui bahwa hacker tersebut meretas server milik HP itu menggunakan exploit Log4J. Setelah mendapatkan akses ke server tersebut, mereka memprogram ulang servernya agar dapat menambang mata uang digitla Raptoreum.

Meskipun tidak diketahui berapa lama hacker tersebut sudah melakukan aksi penambangan ilegal itu, tetapi disebutkan bahwa hacker tersebut sudah mengambil keuntungan mencapai US$110,000 atau setara Rp1,5 miliar.

Ini juga bukan pertama kalinya kasus peretasan server untuk melakukan mining terjadi. Bahkan saat ini sudah ada malware yang bisa menyerang perangkat dan membuat perangkat korban melakukan proses mining tanpa sepengetahuan penggunanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US