The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sekarang Penyandang Disabilitas Bisa Pakai Ponsel Android dengan Gerakan Wajah
Ilustrasi ponsel. (Pexels/Pixabay)
Tech

Sekarang Penyandang Disabilitas Bisa Pakai Ponsel Android dengan Gerakan Wajah

Jumat, 24 September 2021 13:44 WIB 24 September 2021, 13:44 WIB

INDOZONE.ID - Pihak Google menyebut, kini, hanya dengan mengangkat alis atau tersenyum, penyandang disabilitas dapat menggunakan ponsel Android.

Dua alat baru akan menempatkan pembelajaran mesin dan kamera pada ponsel untuk bekerja mendeteksi gerakan wajah dan mata.

Penyandang disabilitas dapat memindai layar ponsel mereka dengan tersenyum, mengangkat alis, membuka mulut, atau melihat ke kiri, kanan, atau atas.

"Untuk membuat Android lebih mudah diakses oleh semua orang, kami meluncurkan alat baru yang memudahkan untuk mengontrol ponsel dan berkomunikasi menggunakan gerakan wajah," kata Google, dikutip dari Bangkok Post, Jumat (24/9/2021)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan 61 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan disabilitas, hal ini telah mendorong Google dan saingannya Apple dan Microsoft untuk membuat produk dan layanan lebih mudah diakses para penyandang disabilitas.

Baca juga: Perjuangan Penyandang Disabilitas Urus Istri yang Lumpuh Selama 2 Tahun Ini Bikin Terenyuh

Perubahan tersebut merupakan hasil dari dua fitur baru, salah satunya disebut 'Camera Switches', yang memungkinkan orang menggunakan wajah untuk mengoperasikan ponsel.

Fitur yang satunya ialah Project Activate, aplikasi Android baru yang memungkinkan orang menggunakan gerakan tersebut untuk memicu tindakan, seperti membuat ponsel memutar frasa yang direkam, mengirim teks, atau melakukan panggilan.

Aplikasi Activate gratis tersedia di Australia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat yang dapat diunduh di Google Play.

Apple, Google, dan Microsoft secara konsisten meluncurkan inovasi yang membuat teknologi internet lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas.

Asisten digital dengan perintah suara yang terpasang di speaker dan ponsel dapat memungkinkan orang dengan gangguan penglihatan atau gerakan untuk memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan.

Ada pula perangkat lunak yang mengidentifikasi teks pada halaman web atau gambar dan kemudian membacanya dengan keras, serta pembuatan teks otomatis yang menampilkan apa yang dikatakan dalam video.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US