The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Turbin Pasang Surut Paling Kuat di Dunia Dihidupkan untuk Memberi Daya 2.000 Rumah
Turbin paling kuat di dunia. (Photo/YouTube/Orbital Marine Power Ltd)
Tech

Turbin Pasang Surut Paling Kuat di Dunia Dihidupkan untuk Memberi Daya 2.000 Rumah

Sabtu, 31 Juli 2021 20:50 WIB 31 Juli 2021, 20:50 WIB

INDOZONE.ID - Turbin pasang surut paling kuat di dunia telah memulai pembangkit listrik yang terhubung ke jaringan di Pusat Energi Laut Eropa di Orkney, sebuah kepulauan yang terletak di wilayah utara Skotlandia.

Turbin itu dikembangkan oleh Orbital Marine Power, turbin raksasa 680 metrik ton ini berlabuh di badan air yang dijuluki 'Kejatuhan Kewaspadaan' yang terhubung ke kabel bawah laut yang menghubungkannya kembali ke jaringan listrik lokal di darat.

Turbin sepanjang 74 meter mencakup dua power train terintegrasi yang terpasang pada dua kaki seperti sayap. Rotor berbilah kembar, masing-masing memiliki diameter 21 meter sebenarnya adalah yang terbesar yang pernah ada di platform pembangkit tunggal, yang digerakkan oleh arus pasang surut hingga saat ini.

Kaki yang dapat ditarik ini dirancang untuk mengangkat nacelle, hub pitch, dan bilah keluar dari air untuk memudahkan perawatan dan perbaikan.

Baca juga: Wanita Ini Gunakan Alkohol untuk Bunuh Kutu di Mobilnya, Berujung Bakar Diri Sendiri

Pembangunan turbin ini dimulai pada 2019 dan didasarkan pada turbin pasang surut besar generasi sebelumnya yang dijuluki SR2000. Seluruh rig dibangun dari baja menggunakan metode fabrikasi yang menekankan pengurangan biaya dan masa depan turbin untuk produksi massal.

Pembangkit listrik besar-besaran diharapkan berfungsi selama 15 tahun mendatang dan akan mampu memberi daya pada lebih dari 2.000 rumah di Inggris setiap tahun.

Turbin ini juga akan bertanggung jawab untuk memberi daya pada elektroliser berbasis darat European Marine Energy Centre yang akan menghasilkan hidrogen hijau dan akan digunakan untuk mendemonstrasikan dekarbonisasi kebutuhan energi yang lebih luas.

“Visi kami adalah bahwa proyek ini adalah pemicu pemanfaatan sumber daya arus pasang surut di seluruh dunia untuk berperan dalam mengatasi perubahan iklim sambil menciptakan sektor industri baru yang rendah karbon,” kata CEO Orbital, Andrew Scott.

Artikel Menarik Lainnya:

M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US