The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hindari Traffic Data di Momen Lebaran, Efisien Pakai Internet saat Mudik
Ilustrasi penggunaan internet di ponsel. (Unsplash/@frederikli)
Tech

Hindari Traffic Data di Momen Lebaran, Efisien Pakai Internet saat Mudik

Sabtu, 30 April 2022 23:15 WIB 30 April 2022, 23:15 WIB

INDOZONE.ID - Demi menghindari terjadinya 'traffic data' yang tinggi pada momen Lebaran 2022, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat agar efisien dalam menggunakan data internet selama perjalanan mudik.

Menkominfo mengimbau, sarana telekomunikasi tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu seperti menyebarkan berita bohong.

"Dalam perjalanan yang macet ini pasti traffic data sangat besar, sambil tunggu (saat macet) data yang bergerak," ujar Johnny dikutip dari Antara, Sabtu (30/4/2022).

Baca JugaMenkominfo Ungkap Manfaat Migrasi dari TV Analog ke Digital, Apa Saja?

"Tapi sekali lagi sarana telekomunikasi ini mudah-mudahan kita gunakan dengan baik, kita gunakan secara produktif dan efisien, jangan sampai dipakai untuk hal-hal yang tidak perlu, misalnya digunakan untuk menyebarkan berita hoaks," sambungnya.

Lebih lanjut lagi, Johnny mengatakan kemacetan yang terjadi saat arus mudik berpotensi menimbulkan 'traffic data' tinggi yang dapat mengganggu layanan telekomunikasi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Johnny mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi untuk memastikan tersedianya bandwidth yang memadai.

"Karena data traffic akan sangat tinggi, dan dalam koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi kita sudah mempersiapkan agar tersedianya bandwidth yang cukup sehingga nanti tidak sampai kekurangan, agar layanan itu bisa tetap baik," paparnya.

Pihaknya akan melakukan bandwidth management untuk menghindari terjadinya gangguan. Dengan bandwidth management, akan diketahui lokasi-lokasi dengan 'traffic data' tinggi.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ristuyana
Laila Rahmi Batubara
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US