The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Download Foto di Instagram dengan Aplikasi, Situs Web, dan Browser
Tampilan aplikasi media sosial Instagram di smartphone (Unsplash/@neonbrand)
Tech

Cara Download Foto di Instagram dengan Aplikasi, Situs Web, dan Browser

Selasa, 30 Juni 2020 15:43 WIB 30 Juni 2020, 15:43 WIB

INDOZONE.ID - Instagram merupakan platform media sosial yang sampai sekarang masih tetap hits. Kamu sebagai pengguna bisa unggah dan download foto maupun video di Instagram.

Nah, untuk urusan download foto di Instagram, mungkin sebagian pengguna agak sedikit bingung. Padahal, ada beberapa cara download foto dari Instagram yang bisa dicoba, lho.

Cara download foto di Instagram bisa dengan cara manual ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bagaimana ya langkah-langkahnya?

Dalam artikel ini, Indozone akan mengulas tentang cara mengunduh foto di Instagram dengan aplikasi, situs download foto online, maupun dari browser.

Cara Download Foto di Instagram dengan Aplikasi

Cara mudah download foto di IG yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi, karena memang tidak tersedia fitur download gambar atau video di Instagram.

Kamu bisa temukan beberapa pilihan aplikasi download foto Instagram di Google Playstore (Android) ataupun AppStore (iOS) menggunakan kata kunci 'Save Photo Instagram'.

Aplikasi download foto Instagram yang baik akan memberikan petunjuk jelas mengenai cara menjalankan aplikasi tersebut.

Kamu dapat baca review guna mengira-ngira aplikasi mana yang terbaik untuk digunakan download foto di Instagram.

Berikut ini beberapa aplikasi download foto IG di smartphone yang Indozone rekomendasikan:

1. InstaSave for Instagram

cara download foto di Instagram dengan aplikasi InstaSave
Aplikasi InstaSave for Instagram (play.google.com)

Aplikasi unduh foto Instagram yang pertama adalah InstaSave for Instagram , bisa didapatkan di Google Play Store atau App Store.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot-repot menyimpan foto atau video di Instagram. Kamu cukup klik tanda titik tiga di bawah kolom 'Comment' foto Instagram.

Lalu, pilih menu 'Copy Share URL'. Kalau sudah di-copy, bukalah aplikasi InstaSave. Secara otomatis, kamu bisa langsung menyimpan foto atau video yang tadi sudah di-copy URL.

2. FastSave for Instagram

aplikasi download foto di Instagram FastSave
Aplikasi FastSave for Instagram (play.google.com)

Cara lainnya untuk menyimpan foto di Instagram yaitu dengan mengandalkan aplikasi FastSave yang bisa kamu unduh di Google Play Store.

Sebagai pengguna, kamu cukup download aplikasi ini dan kemudian berikan izin pada aplikasi untuk akses foto dan video.

Apabila aplikasi sudah terpasang, buka kembali aplikasi FastSave dan nyalakan tombol 'FastSave Service. Lalu, bukalah aplikasi Instagram di smartphone.

Cari foto atau video yang ingin kamu download. Secara otomatis, akan terlihat ada tanda titik tiga di sudut kanan. Klik pada bagian tersebut dan pilih opsi 'Copy Link'.

Tanpa perlu paste link, foto atau video dari link tersebut akan tersimpan di dalam galeri smartphone kamu.

Cara Download Foto di Instagram dari Situs Web

Selain menggunakan aplikasi, beberapa situs web di internet bisa kamu manfaatkan sebagai cara download foto di Instagram dengan mudah dan cepat.

Cara ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu copy-paste link dari postingan yang ingin diunduh dan tempelkan ke kotak URL yang disediakan pada situs web tersebut.

Berikut dirangkum Indozone, beberapa situs download foto atau video di Instagram yang bisa kamu coba:

1. Downloadgram

cara download foto di Instagram dengan situs website Downloadgram
Situs Downloadgram (downloadgram.com)

Cara pertama yaitu melalui situs web DownloadGram. Kamu tinggal masuk ke halaman situs tersebut dengan URL https://downloadgram.com/ .

Di halaman itu, kamu akan temukan sebuah kolom untuk menempelkan tautan (link) foto atau video yang ingin diunduh dari Instagram.

Setelah link foto Instagram di-copy paste pada kolom tersebut, secara otomatis akan muncul tab 'Download' di bagian bawah. 

Langsung saja klik tombol tersebut dan foto akan terunduh otomatis. Situs Downloadgram dapat kamu gunakan di perangkat Android, iOS, maupun PC.

2. Gramsave

cara download foto di Instagram dengan situs web Gramsave
Situs website Gramsave (gramsave.com)

Website download foto Instagram berikutnya adalah Gramsave. Tak hanya foto, video Instagram pun bisa diunduh melalui situs website https://gramsave.com/  ini.

Caranya sama seperti website di atas, cukup copy URL dari gambar ataupun video yang diinginkan. Kemudian, copy link tersebut ke situs Gramsave, lalu klik 'Download'.

3. Dredown

Situs web download foto di Instagram Dredown
Situs Dredown (dredown.com/instagram)

Terakhir, ada situs Dredown yang penggunaannya sama seperti situs Downloadgram dan Gramsave. Kamu cukup akses situs Dredown di URL https://www.dredown.com/

  • Pada halaman Dredown, silahkan pilih logo media sosial Instagram.
  • Buka video atau foto Instagram yang akan di-download, kemudian klik tiga titik di kanan atas. Pilih 'Copy Link'.
  • Setelah di-copy, buka kembali laman Dredown. Paste link foto Instagram yang akan diunduh pada kolom URL yang tersedia.
  • Secara otomatis, akan muncul link dengan format gambar dalam kotak berwarna hijau.
  • Klik link dalam kotak tersebut dan foto pun sudah tersedia di galeri smartphone kamu.
     

Cara Download Foto di Instagram dari Browser

cara download foto di Instagram dari browser
Tampilan aplikasi media sosial Instagram di smartphone (Unsplash/@neonbrand)

Kalau kamu menggunakan browser Google Chrome di PC, kamu bisa coba install extension bernama 'Downloader for Instagram'. Setelah terpasang, akan muncul tombol download secara otomatis pada setiap postingan yang kamu lihat di Instagram. Mudah, bukan?


Nah, itulah beberapa cara download foto di Instagram yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US