The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mahfud MD Ungkap Data yang Bocor Bukan Rahasia, Bjorka: Yakin Bukan Database Penting?
Bjorka. (Telegram Bjorka) dan Mahfud MD (Dok. Menkopolhukam)
Tech

Mahfud MD Ungkap Data yang Bocor Bukan Rahasia, Bjorka: Yakin Bukan Database Penting?

Masa sih Pak Mahfud MD?

Selasa, 13 September 2022 10:18 WIB 13 September 2022, 10:18 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa kasus kebocoran data negara yang ramai diperbincangkan publik beberapa hari terakhir ini tidak terkait dengan data-data rahasia milik negara Republik Indonesia.

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian, dari analisis Deputi VII (Kemenkopolhukam), terjadi di sini-sini. Tetapi, itu bisa sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia,” ujar Mahfud saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, mengutip Antara, Selasa (13/9/2022).

Dengan demikian, menurut dia, kasus tersebut belum membahayakan data negara karena data-data yang dibocorkan kepada publik justru merupakan hal-hal yang sudah diberitakan di koran-koran.

Baca Juga: Jembatan Suspensi Tertua di Dunia Ada di Kediri, Mengalahkan Jembatan Brooklyn Amerika

“Jadi, belum ada yang membahayakan dan isu-isu yang muncul itu kan sudah ada di koran tiap hari, (berita mengenai) jadi presiden, ini, gini, kan cuma itu. Tidak ada rahasia negara dari yang saya baca,” tegas Mahfud.

Setelah Mahfud MD menyatakan soal data rahasia negara, Bjorka pun langsung mengambil sikap melalui akun Twitter-nya yang baru. Sebelumnya, akun Twitter miliknya telah ditutup pemerintah.

“Apa kabar pak @mohmahfudmd? apakah Anda yakin tidak ada database penting yang bocor?” tulis @bjorkanesian dikutip Indozone, Selasa (13/9/2022).

Bjorka serang Mahfud MD. (Twitter@bjorkanesian)
Bjorka serang Mahfud MD. (Twitter@bjorkanesian)

Sebelumnya, peretas yang mengaku sebagai "Bjorka" melalui grup Telegram mengklaim telah meretas surat menyurat milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US