The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apple Akan Ganti Perintah Suara 'Hey Siri' Jadi Lebih Singkat, Kaya Gimana Tuh?
Voice Assistant Siri. (Apple)
Tech

Apple Akan Ganti Perintah Suara 'Hey Siri' Jadi Lebih Singkat, Kaya Gimana Tuh?

Pembaruan ini kemungkinan terjadi pada tahun 2023 atau 2024

Senin, 07 November 2022 14:58 WIB 07 November 2022, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Mark Gurman, jurnalis Bloomberg melaporkan jika Apple saat sedang membuat sebuah projek untuk peremajaan layanan siri di iOS, yaitu mengganti voice assistant "Hey Siri" menjadi "Siri" saja.

Gurman mengatakan perubahan itu diperkirakan akan diluncurkan pada tahun depan atau paling lambat tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Bintang Film Dewasa Johnny Sins Punya Cita-cita Baru: Bercinta di Luar Angkasa!

Meski dinilai hanya perubahan kecil, namun kenyataannya perubahan ini diyakini akan semakin meningkatkan kepraktisan pengguna iOS ketika sedang menggunakan layanan Siri.

"Perusahaan sedang mengerjakan inisiatif untuk menghilangkan "Hei" di frasa pemicu, sehingga pengguna hanya perlu mengatakan "Siri" dilanjutkan dengan perintah. Meskipun itu mungkin tampak seperti perubahan kecil, namun hal itu berkaitan dengan teknis dan membutuhkan sejumlah besar pelatihan AI serta pekerjaan teknik yang mendasarinya," tulis laporan itu.

Siri Apple
Logo Siri. (Apple)

Lebih lanjut, perintah suara "Siri" nantinya akan dapat dikenali dalam berbagai macam aksen dan dialek yang berbeda, karena perusahaan telah merancangnya sedemikian rupa untuk memanjakan para penggunanya dari seluruh penjuru dunia.

"Kompleksitasnya melibatkan Siri untuk dapat memahami frasa tunggal "Siri" dalam berbagai aksen dan dialek yang berbeda. Memiliki dua kata—"Hey Siri"—meningkatkan kemungkinan sistem menerima sinyal dengan benar," tambah laporan itu.

Menurut laporan The Verge, pembaruan ini juga dapat dilihat sebagai langkah kompetitif untuk dapat terus bersaing dengan Alexa dan Google Voice Assistant. Apalagi Microsoft telah menutup asisten pintarnya, yaitu Cortana tahun lalu.

Baca Juga: Gerhana Bulan Diprediksi Terjadi 8 November, Ini Jadwal dan Tata Cara Salat Gerhana!

Menurut Gurman, Apple juga dapat mengintegrasikan Siri ke dalam aplikasi dan layanan pihak ketiga, serta meningkatkan kemampuannya untuk memahami dan memproses permintaan pengguna.

Disisi lain, Google baru-baru ini membuat perubahan pada asisten AI-nya. Frasa pemicu 'Hai Google' tidak lagi diperlukan oleh pengguna selama dialog bolak-balik dan  ketika sesi tanya jawab sedang berlangsung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Bagas Aulia Ananto
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US