The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Setelah di Ponsel, YouTube Shorts Sasar Pengguna TV Pintar
YouTube Shorts sasar TV pintar. (Reuters)
Tech

Setelah di Ponsel, YouTube Shorts Sasar Pengguna TV Pintar

Selasa, 08 November 2022 14:09 WIB 08 November 2022, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Chief Product Officer YouTube Neal Mohan mengatakan perusahaannya mulai menghadirkan Shorts di TV pintar, setelah berhasil mengembangkan konten untuk platform mobile.

"Hari ini, kami memperluas akses menonton Shorts ke platform kami yang paling cepat berkembang yakni TV," kata Neal Mohan pada blog resmi YouTube, Selasa (8/11/2022).

UX Directors YouTube Brynn Evans serta Melanie Fitzgerald dalam blog yang sama mengungkapkan, cukup panjang perjalanan YouTube untuk menghadirkan Shorts ke TV.

Baca Juga: Saham Terjun Bebas, Meta Bakal PHK Besar-besaran

Salah satu tantangan terberat YouTube karena Shorts yang vertikal rasanya nampak tidak pas dengan tampilan TV yang horizontal.

YouTube juga meminta pendapat para penonton dan kreator soal rencana hadirkan Shorts di TV pintar. Ternyata, banyak yang setuju fitur Shorts hadir di TV pintar.

"Ada keuntungan yang menarik dari menonton Shorts di layar yang horizontal. Mereka lebih mudah ditonton bersama dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman," ungkap kedua UX Directors itu.

Alasan YouTube menghadirkan Shorts di TV pun semakin kuat ketika ternyata Shorts dinilai pengguna bisa memberikan pengalaman menyenangkan, untuk mengatur tontonan menggunakan remot.

Dibandingkan mengandalkan fitur "Autoplay", dalam survei itu banyak pengguna yang menantikan pengalaman memutar Shorts secara manual menggunakan remot TV, sehingga membuat layanannya terasa lebih interaktif.

Baca Juga: Ilmuwan Belanda Buat Robot yang Bisa Atasi Kasus Burung Tabrak Pesawat

Setelah berhasil menemukan formula desain tampilan yang tepat, akhirnya YouTube memutuskan untuk menghadirkan Shorts di TV.

YouTube akan merilisnya secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan di model-model TV pintar (Smart TV), yang mulai dirilis 2019 hingga keluaran terbaru.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Victor Median
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US