The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inggris Denda TikTok karena Gagal Lindungi Privasi Anak-anak, Harus Bayar Rp440 Miliar!
Aplikasi berbagi video, TikTok. (REUTERS/Dado Ruvic)
Tech

Inggris Denda TikTok karena Gagal Lindungi Privasi Anak-anak, Harus Bayar Rp440 Miliar!

Inggris Denda TikTok

Selasa, 27 September 2022 10:34 WIB 27 September 2022, 10:34 WIB

INDOZONE.ID - Platform berbagi video asal China, TikTok menerima hukuman denda dari Kantor Komisi Informasi (ICO) di Inggris sebesar 29 juta dolar AS atau sekitar Rp440 miliar. Denda ini diberikan karena TikTok gagal melindungi privasi anak-anak.

Menurut penyelidikan oleh regulator privasi data Inggris, TikTok selama dua tahun (2018-2020) telah melanggar hukum Inggris dengan memproses data anak-anak di bawah 13 tahun tanpa persetujuan orang tua.

Kantor Komisaris Informasi Inggris juga mengatakan TikTok mungkin telah memproses kategori data sensitif "tanpa dasar hukum," dan mungkin gagal memberikan informasi kepada penggunanya secara cukup transparan.

Baca Juga: Dear Gen Z! Samsung Galaxy A23 5G Punya Kamera Keren nan Canggih, Cocok Buat Ngonten

"Kita semua ingin anak-anak dapat belajar dan mengalami dunia digital, tetapi dengan perlindungan privasi data yang tepat," kata Komisaris Informasi John Edwards dalam sebuah pernyataan mengutip Gizmodo, Selasa (27/9/2022).

"Perusahaan yang menyediakan layanan digital memiliki kewajiban hukum untuk menerapkan perlindungan tersebut, tetapi pandangan sementara kami adalah bahwa TikTok tidak memenuhi persyaratan itu," lanjutnya.

Baca Juga: Siap-siap! WhatsApp Segera Hadir di Android Tablet

Terkait denda ini, TikTok memberikan pernyataan defensif dengan mengatakan tak setuju dengan pandangan awal Komisaris Informasi Inggris.

"Meskipun kami menghormati peran ICO dalam menjaga privasi di Inggris, kami tidak setuju dengan pandangan awal yang diungkapkan dan berniat untuk secara resmi menanggapi ICO pada waktunya," ucap juru bicara TikTok.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US