The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sedang Ramai Bjorka, Menkominfo Sebut Prancis Tertarik Perkuat Keamanan Siber Indonesia
Johnny G Plate. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Tech

Sedang Ramai Bjorka, Menkominfo Sebut Prancis Tertarik Perkuat Keamanan Siber Indonesia

Saat Ramai Bjorka bocorkan data

Rabu, 21 September 2022 20:44 WIB 21 September 2022, 20:44 WIB

INDOZONE.ID - Saat ramai dunia maya Indonesia membicarakan Bjorka yang membocorkan data pemerintah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan Pemerintah Prancis yang diwakili oleh Menteri Perdagangan Luar Negeri Olivier Becht tertarik untuk memberikan pembiayaan untuk memperkuat keamanan siber di Indonesia.

Johnny menyebutkan Perancis di sektor keamanan siber sudah memiliki teknologi yang mumpuni dan karena itu mereka tertarik untuk mengembangkan keamanan siber di Indonesia.

"Keamanan siber ini sektornya ada di Badan Siber Sandi Negara (BSSN) namun kami mendiskusikannya karena Perancis mempunyai teknologi cyber security yang bagus. Dalam kaitan dengan cyber security strengthening di Indonesia, saya akan meneruskan ini ke Kepala BSSN karena project ini sudah terdaftar di green book dan blue book Bappenas. Pemerintah Perancis sangat tertarik untuk membiayai proyek tersebut," kata Johnny di kantor Kementerian Kominfo di Jakarta, melansir Antara Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: MAH, Pemuda yang Bantu Hacker Bjorka Wajib Lapor Seminggu 2 Kali

Dalam beberapa waktu terakhir keamanan siber di ruang digital Indonesia kerap mengalami serangan khususnya dari para peretas untuk membobol data-data masyarakat dari para penyelenggara sistem elektronik.

Tepat pada Selasa (20/9/2022), Undang-Undang (UU) Perlindungan Data Pribadi pun akhirnya disahkan untuk menguatkan regulasi terkait perlindungan data termasuk di ruang siber.

Baca Juga: Sosok Bjorka Belum Terungkap, Polri Buka Opsi Gandeng Pihak Luar Negeri

Dengan hadirnya UU PDP diharapkan penyelenggara sistem elektronik bisa memutakhirkan dan memperkuat sistem keamanan sibernya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US