The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Ditanya Kapan Nikah, Fotografer Ini Buat Pacar Bohongan Gunakan AI
Fotografer buat pacar palsu menggunakan AI. (YouTube/PiXimperfect)
Tech

Sering Ditanya Kapan Nikah, Fotografer Ini Buat Pacar Bohongan Gunakan AI

Fotografer Ini Buat Pacar Bohongan Gunakan AI

Sabtu, 15 Oktober 2022 14:10 WIB 15 Oktober 2022, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Bagi beberapa orang yang masih jomblo alias belum menikah, mungkin agak risih dengan pertanyaan, kapan nikah? Kok masih jomblo? Pertanyaan itu umumnya sering ditanyakan oleh kerabat keluarga.

Hal itu juga yang sering dialamai seorang fotografer bernama Unmesh Dinda. Saking sudah kesalnya dengan rutinitas pertanyaan itu, dia akhirnya membuat pacar bohongan dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Dinda membuat pacar bohongan dengan berpose bersama sejumlah wanita saat pergi belibur. Namun, pada kenyataannya dia hanya foto sendiri.

Baca Juga: Junjung Tinggi Hak Cipta, Getty Images Larang Foto Buatan AI

Para wanita yang tampil di sebelahnya adalah hasil rekayasa foto menggunakan AI. Meski foto telah mengalami pengeditan, tapi hasilnya terlihat sangat realistis.

“Jika kerabat kamu khawatir soal kamu menikah daripada kamu, kamu perlu mengirimi mereka foto seperti ini. Ini akan membuat mereka bertanya-tanya untuk sementara waktu,” kata Dinda di video YouTube-nya melansir Peta Pixel.

Membuat Pacar AI

Dinda yang memiliki aku channel PiXimperfect membuat pacar bohongan mengunakan AI Dall-E. Ia awalnya hanya melakukan selfie kemudian ditambahkan menggunakan fitur inpainting untuk menghapus sebagian gambar.

Setelah menghapus ruang, Dinda mengetik "pria dengan pacar" yang kemudian menampilkan pacar palsu.

Fotografer buat pacar palsu menggunakan AI. (YouTube/PiXimperfect)
Fotografer buat pacar palsu menggunakan AI. (YouTube/PiXimperfect)

Setelah pacar fiktik AI dipilih, Dinda kemudian menggunakan fitur outpainting yang memperpanjang foto di luar batas aslinya.

Namun, hasil foto DALL-e tidak bisa menghasilkan foto manusia yang realistis. Jadi Dinda memotong wajah pacarnya palsunya dan mengekspornya ke program pengeditan foto AI lain yang disebut GFP-GAN. Hasilnya foto menjadi sangat realistis

Foto tersebut kemudian dimuat ke Photoshop dan disejajarkan ke gambar aslinya, membuat pacar palsu yang sangat nyata.

“Tunjukkan foto ini kepada seseorang dan tanyakan apa yang diedit, akan sulit untuk mengatakannya dalam 90 persen kasus,” tambah Dinda.

Menghapus Mantan

Dinda juga menunjukkan bagaimana, teknik yang digunakannya juga bisa menghapus foto mantan pacar yang sulit dilupakan.

Masih dengan bantuan DALL-E, Dinda menghapus orang yang ingin dihilangkan dan menggantinya dengan gambar lain di bagian yang telah dihapus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
JOIN US
JOIN US