Hati-hati! Celah Android Ini Bisa Menguras Rekening Bank Kamu
photo/Engadget
Tech

Hati-hati! Celah Android Ini Bisa Menguras Rekening Bank Kamu

Rabu, 04 Desember 2019 11:25 WIB 04 Desember 2019, 11:25 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah celah keamanan di sistem operasi Android baru-baru ini kembali ditemukan dan bisa dibilang sangat berbahaya. Pasalnya celah tersebut dapat memungkinkan hacker untuk mencuri informasi perbankan online milik korbannya.

Celah tersebut nantinya dapat menciptakan sebuah layar login palsu (phishing) yang dapat terintegrasi dengan aplikasi perbankan online yang resmi. Tentu hal tersebut akan sulit diketahui oleh para pengguna nantinya.

Android
photo/Unsplash/Rami Al-zayat

Setelah pengguna memasukkan informasi login dari akun perbankan mereka, hacker otomatis akan mendapatkan informasi tersebut dan langsung menguras seluruh uang yang ada di rekening korban.

Dikatakan bahwa para hacker memanfaatkan celah tersebut untuk mengincar lebih dari 60 institusi finansial yang ada di seluruh dunia.

"Ia (hacker) mengincar beberapa bank di berbagai negara dan malware itu sukses mengeksploitasi end user untuk mencuri uang" ucap Tim hansen selaku pakar keamanan dari Promon.

Beruntung saat ini Google telah mengamankan celah tersebut dan sedang melakukan investigasi sehingga mereka tahu asal mula celah tersebut. Jadi saat ini para pengguna bisa dibilang sudah cukup aman dari serangan tersebut.

Banyaknya celah di sistem operasi Android sendiri disebabkan karena Android merupakan sistem operasi berbasis open-source. Artinya semua orang dengan keahlian tertentu dapat memodifikasi, mengubah, dan bahkan membuat sistem operasi Android mereka sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Ferry Andika

Ferry Andika

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU