The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Korsel Denda Google-Meta Rp1 Triliun karena Langgar Privasi Pengguna
Korea Selatan denda Google dan Meta. (REUTERS/Dado Ruvic)
Tech

Korsel Denda Google-Meta Rp1 Triliun karena Langgar Privasi Pengguna

Kenapa emangnya?

Kamis, 15 September 2022 13:48 WIB 15 September 2022, 13:48 WIB

INDOZONE.ID - Dua raksasa teknologi, Google dan Meta mendapat tuntutan hukum dari Komisi Perlindungan Informasi Pribadi Korea Selatan (PIPC). Kedua perusahaan itu dianggap melanggar data privasi pengguna.

PIPC mendenda Google dan Meta sebesar 100 miliar won atau sekitar Rp1,07 triliun. Laporan Yonhap mengatakan, Google dan Meta diam-diam mengumpulkan informasi pribadi pengguna dan memakainya untuk iklan online yang dipersonalisasi dan tujuan lainnya.

Dalam rapat umum, komisi setuju menjatuhkan denda sebesar 69,2 miliar won atau sekitar Rp739 miliar untuk Google. Sementara Meta didenda 30,8 miliar won atau sekitar Rp328 miliar.

Baca Juga: Jual Laptop Curian Milik SD lalu Dijual Lewat Facebook, Pria Ini Langsung Diciduk Polisi

Denda menandai jumlah tertinggi yang pernah dikenakan untuk dugaan pelanggaran undang-undang perlindungan informasi pribadi.

PIPC juga memerintahkan agar Google dan Meta menginformasikan pengguna mereka dengan jelas dan sederhana, serta mendapatkan persetujuan pengguna, jika mereka ingin mengumpulkan atau menggunakan data perilaku pengguna di situs web atau aplikasi di luar platform mereka sendiri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US