The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bikin Melongo! Jaringan 6G Buatan China 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan 5G
Ilustrasi jaringan 6C buatan China. (Freepik)
Tech

Bikin Melongo! Jaringan 6G Buatan China 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan 5G

Senin, 27 Juni 2022 11:45 WIB 27 Juni 2022, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini operator telekomunikasi China Mobile telah merilis panduan teknis terkait arsitektur jaringan 6G yang saat ini sedang mereka kembangkan.

Di China, memang jaringan 5G sudah bisa digunakan secara komersil meskipun belum terlalu merata. Tetapi hal tersebut tidak menghalangi niat Negeri Tirai Bambu itu untuk mengembangkan jaringan penerusnya yaitu 6G.

Dalam panduan berbentuk makalah tersebut, dijelaskan beberapa informasi seperti usulan rancangan jaringan dan juga implementasi dari jaringan 6G tersebut.

Baca Juga: Google, Netflix hingga Meta Janji Akan Dukung Penuh Biaya Aborsi Karyawannya

Hal yang menarik adalah, China Mobile mengklaim jika performa dari jaringan 6G sendiri bisa 10-100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan 5G.

Tentunya ini cukup menarik karena 5G saja sudah dapat menghasilkan kecepatan internet dan transfer yang sangat cepat, tetapi 6G bisa membuatnya lebih baik lagi bahkan sampai 100 kali lipat.

Sebelumnya sebuah tim peneliti di Tiongkok yang dipimpin oleh profesor Zhang Chao telah mencoba jaringan 6G ini dan berhasil mengirimkan data 1TB dengan jarak lebih dari 1km dengan waktu 1 detik.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
JOIN US
JOIN US