The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Aman Menghindari Modus SIM Swap 
Ilustrasi pembobolan rekening lewat ponsel atau yang dinenal dengan nama SIM swap (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Tech

Tips Aman Menghindari Modus SIM Swap 

Agar rekening bank aman dari maling melek teknologi.

Selasa, 21 Januari 2020 17:14 WIB 21 Januari 2020, 17:14 WIB

INDOZONE.ID - Maraknya kasus pembobolan rekening bank lewat nomor ponsel membuat para nasabah khawatir. Modus yang dikenal dengan nama SIM Swap ini telah menelan korban yang cukup signifikan.

Para maling ini beraksi mengganti kartu SIM asli ke operator penyedia layanan selular terkait. Dengan mengambil nomor ponsel korban, mereka bisa dengan mudah mengakses akun perbankan korban.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada beberapa tips aman untuk menghindari para pelaku kejahatan yang satu ini. 

1. Abaikan telepon atau SMS yang meminta matikan ponsel.

Beberapa pelaku SIM Swap biasanya menghubungi pemilik asli dengan menghubunginya secara langsung. Jika ada telepon atau SMS tidak jelas yang meminta Anda untuk mematikan sementara ponsel Anda, abaikan. Biasanya itu adalah saat pelaku kejahatan melakukan penggantian kartu SIM di operator seluler.

2. Jangan menekan tautan dari SMS atau surel yang tidak jelas. 

Jangan mudah percaya dengan permintaan menekan tautan yang tidak jelas, baik lewat SMS maupun melalui surel yang juga tidak jelas asal usulnya.

3. Pastikan kebenaran situs internet banking.

Jika menggunakan layanan internet banking pastikan situs tersebut adalah benar milik bank dan bukan situs phishing. Salah satu caranya adalah dengan menekan sertifikat keamanan situs tersebut. Perhatikan gambar gembok terkunci di samping tulisan “https” di kolom alamat (address bar), lalu periksa keterangan yang ada di sana.

4. Jangan ladeni penelpon tak dikenal yang menanyakan nomor perbankan pribadi.

Jangan pernah menjawab telepon yang menanyakan nomor kartu kredit, nomor rekening bank atau nomor ponsel yang digunakan untuk transaksi perbankan.

5. Jangan narsis mengunggah nomor ponsel atau surel untuk transaksi perbankan.

Jangan mempublikasikan nomor ponsel atau surel yang digunakan untuk transaksi perbankan di media sosial. Sebaiknya gunakan nomor ponsel dan surel khusus untuk keperluan akun perbankan Anda, yang hanya diketahui Anda dan bank Anda.

6. Pantau terus transaksi finansial dalam rekening.

Aktifkan fitur layanan notifikasi SMS dan email alert (peringatan surel) untuk menerima notifikasi transaksi finansial atau perubahan pada rekening Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US