The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Kenapa Stiker Add Yours di Instagram Stories Bisa Dipakai Buat Penipuan!
Tampilan sticker Add Yours di Instagram Stories (photo/Instagram)
Tech

Ini Alasan Kenapa Stiker Add Yours di Instagram Stories Bisa Dipakai Buat Penipuan!

Selasa, 23 November 2021 13:56 WIB 23 November 2021, 13:56 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan ini pengguna Instagram dihebohkan dengan ramainya penggunaan sticker Add Yours di Stories dengan challenge seperti membagikan foto wallpaper HP, OOTD, dan masih banyak lagi.

Namun dari challenge-challenge tersebut, ada satu challenge yang cukup berbahaya untuk diikuti yaitu menyebutkan nama panggilan. Dan ternyata baru saja terdapat kasus penipuan yang disebabkan oleh sticker Add Yours tersebut.

Saat ini postingan Twitter dari akun ditamoechtar_ sedang menjadi perbincangan netizen sebab temannya telah ditipu oleh penjahat yang memanggilnya dengan nama sebutan akrab.

"Pagi td temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org deket yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan ini (Add Yours)," tulis akun ditamoechtar_.

Lantas apa yang membuat orang jahat seperti penipu bisa memanfaatkan sticker Add Yours untuk menipu orang lain melancarkan proses social engineering?

Buat kalian yang belum tahu, seluruh informasi baik itu foto, video, hingga nama panggilan yang diisi melalui challenge akan tersimpan di dalam koleksi Add Yours.

Tampilan sticker Add Yours di Instagram Stories
Tampilan sticker Add Yours di Instagram Stories (photo/Instagram)

Alhasil koleksi tersebut juga menciptakan sebuah 'database' yang bisa dimanfaatkan penipu untuk membantu mereka melancarkan aksinya. Pasalnya seluruh foto yang diunggah ke Add Yours tersebut dapat dilihat oleh orang lain termasuk orang jahat.

Maka dari itulah, seharusnya challenge yang membutuhkan pengguna untuk menyebutkan informasi pribadi seperti nama panggilan, tanggal lahir, ataupun tempat tinggal tidak boleh diikuti karena kalian hanya akan memberikan lebih banyak informasi kepada publik termasuk penipu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US