The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

App Gallery Mulai Disusupi Aplikasi Malware, Huawei: Kini Sudah Bersih
Tampilan logo aplikasi AppGallery besutan Huawei (photo/XDA-Developers)
Tech

App Gallery Mulai Disusupi Aplikasi Malware, Huawei: Kini Sudah Bersih

Senin, 29 November 2021 08:45 WIB 29 November 2021, 08:45 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini peneliti dari perusahaan keamanan Dr. Web Anti-virus telah menemukan sebanyak 190 aplikasi di Huawei App Gallery yang disusupi oleh trojan yang cukup berbahaya yaitu Cynos.

Trojan Cynos sendiri adalah modifikasi dari malware Cynos yang dapat mengumpulkan data pribadi korban dari smartphone-nya. Tak lama setelah aplikasi-aplikasi tersebut ditemukan, Dr. Web Anti-virus pun langsung melaporkannya kepada Huawei.

Dan baru saja Huawei pun mengonfirmasi bahwa kini aplikasi-aplikasi tersebut sudah bersih dari trojan dan aman untuk diunduh kembali. Huawei juga mengatakan jika pihaknya sudah bekerja sama dengan developer dari aplikasi yang terdampak malware tersebut.

"Kami bisa mengonfirmasi jika aplikasinya kini sudah bersih, aplikasi tersebut akan dipajang kembali di App Gallery sehingga konsumen bisa mengunduh kembali aplikasi favoritnya," ucap Huawei.

Huawei juga mengatakan bahwa pihaknya sangat ingin menjaga keamanan dan privasi penggunanya. Maka dari itulah pihaknya sangat menerima seluruh laporan dari pihak ketiga sekaligus memperketat keamana di App Galery miliknya.

"Menjaga keamanan jaringan dan privasi pengguna merupakan prioritas kami. Kami menyambut baik semua tanggapan dari pihak kedika selagi kami menghadirkan teknologi inovatif dan canggih untuk menjaga privasi pengguna," lanjut Huawei.

Sebelumnya Dr. Web Anti-virus telah merilis 3 dari 190 aplikasi yang sudah diunduh cukup banyak. Berikut ini adalah daftarnya:

  • Hurry Up and Hide - 2 juta kali di-download
  • Cat Adventures - 427 ribu kali di-download
  • Drive School Simulator - 142 ribu kali di-download

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US