Perusahaan analitik Kantar baru-baru ini telah merilis laporan bertajuk BrandZ yang memberikan informasi terkait perkembangan brand-brand di seluruh dunia.
Dalam laporan tersebut, Kantar juga memperlihatkan daftar perusahaan global dengan nilai brand terbesar pada tahun 2021 ini. Terdapat peningkatan yang cukup besar bagi sejumlah perusahaan yang masuk ke dalam daftar tersebut.
Tanpa perlu lama-lama lagi, berikut adalah daftar 10 perusahaan global dengan nilai brand paling mahal di tahun 2021 seperti yang dilaporkan oleh Kantar BrandZ:
- Amazon - Brand Value (US$): 683,852
- Apple - Brand Value (US$): 611,997
- Google - Brand Value (US$): 457,998
- Microsoft - Brand Value (US$): 410,271
- Tencent - Brand Value (US$): 240,931
- Facebook - Brand Value (US$): 226,744
- Alibaba - Brand Value (US$): 196,912
- Visa - Brand Value (US$): 191,285
- McDonald's - Brand Value (US$): 154,921
- Mastercard - Brand Value (US$): 112,876
Terlihat bahwa perusahaan e-commerce besutan Jeff Bezos yaitu Amazon berhasil menduduki posisi pertama sebagai perusahaan dengan nilai brand termahal yaitu di angka US$683.852 atau setara dengan Rp9 triliun.
Sementara itu ada perusahaan lain seperti Apple, Google, Microsoft, hingga Tencent yang masuk ke dalam top 5 besar. Kelima perusahaan tersebut semuanya mengalami pertumbuhan nilai brand dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.
Bagaimana menurut kalian tentang laporan ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya guys!