Kekuatan 5G yang Mencengangkan, Lebih Cepat dan Bisa Diandalkan
Ilustrasi kekuatan 5G (Pixabay/mohamed_hassan)
Tech

Kekuatan 5G yang Mencengangkan, Lebih Cepat dan Bisa Diandalkan

Katalisator untuk revolusi industri

Selasa, 03 Desember 2019 11:24 WIB 03 Desember 2019, 11:24 WIB

INDOZONE.ID - Teknologi semakin hari semakin canggih dan segala sesuatu membuat masyarakat mendapatkan kepuasan instan lebih mudah. 

Tetapi, tunggu hingga 5G, jaringan nirkabel generasi kelima yang akan (segera) menjangkau kota-kota besar di seluruh dunia. 

Mari melihat kembali ke belakang sejenak, era 2G ponsel dengan menambahkan teks, 3G memungkinkan komputasi seluler dasar. 

Lalu dengan 4G pengguna mendapatkan kecepatan dan aplikasi yang beragam untuk membantu kamu bekerja dan bermain saat menggunakan ponsel. Sebentar lagi, keran 5G akan terbuka lebar. 

Dengan teknologi 5G pengguna bisa mengunduh data dengan kecepatan satu gigabit per detik atau lebih cepat 10 kali dari yang biasa kamu lakukan, dilansir dari Inc

Dari Asia, Korea Selatan dan Tiongkok memimpin dalam pengembangan dan peluncuran 5G, sementara di Amerika Serikat, 5G telah berada di lebih dari dua lusin kota yaitu dari Atlanta, Detroit hingga Indianapolis dan Washington, D.C. 

Kini, perusahaan nirkabel saling berlomba untuk memperluas layanan mereka.

Tetapi, jaringan 5G belum tentu siap untuk prime time, karena kamu tidak dapat memanfaatkan kekuatan 5G tanpa ponsel baru yang kompatibel dengan 5G. 

Plus, 5G mengandalkan spektrum yang begitu tinggi, gelombang milimeter, yang tidak bisa pergi terlalu jauh, atau melewati dinding. Dan saat ini, alat itu mahal untuk dipasang.

Diperkirakan pada 2023, 5G akan secara fundamental mengubah peran perangkat seluler. Dalam dunia 5G, augmented reality (AR) akan mudah ditemukan di mana saja, begitu umum, teknologi ini akan bersahabat dengan masyarakat awam. 

Sebagai contoh, sebuah toko pakaian misalnya, calon pembeli dapat menggunakan AR untuk melihat diri mereka mengenakan pakaian secara langsung. 

Teknologi ini juga akan mengubah acara hiburan secara langsung. Sebagai contoh, penggemar basket akan menggunakan ponsel 5G mereka untuk bermain sebagai produser TV, mereka dapat memilih beberapa sudut kamera untuk menonton, mendapatkan data real-time dari kamera yang dilacak, perkataan, kecepatan dan tingkat putaran kamera.

Dan 5G akan membuat bot, sebagai contoh seorang manajer perusahaan dapat menginstal jaringan 5G pribadi dan dengan mudah mengintegrasikan garis robot kolaboratif nirkabel untuk bekerja bersama manusia, katakanlah, mereka membuat komponen mesin-presisi untuk industri otomotif. 

Satu kelompok robot lainnya dapat mengirimkan bahan mentah ke jalur produksi dan yang lain dapat memuat trailer. Dengan jaringan yang lebih luas, mereka dapat bergerak dengan lebih banyak koordinasi, bekerja sama dengan jalur yang sama, dan merespons lingkungan dengan lebih cepat.

Hasilnya, mereka akan lebih diandalkan dan aman. Dan karena bot  nirkabel, akan jauh lebih mudah untuk menambah jalur produksi lain.

Teknologi bot ini juga bisa memilih tanaman atau sensor dan algoritma yang menyesuaikan kelembaban, menilai kesehatan tanaman, suhu atau memanipulasi sistem tumbuhan hidroponik. 

Kecanggihan teknologi 4G dan wifi hari ini sudah banyak dimanfaatkan, tetapi 5G akan menghadirkan lebih banyak komunikasi instan dengan sistem yang mulus dan cepat. 

Perusahaan teknologi, bank, rumah sakit, dan perusahaan padat data lainnya akan memiliki bandwidth untuk memindahkan sejumlah besar informasi secara real time

Dalam kasus perawatan kesehatan, 5G adalah jalur menuju terapi digital yang memungkinkan pasien dirawat di rumah dengan bantuan VR, AR, dan campuran kenyataan, sebagai contoh dokter akan menggunakan robot jarak jauh untuk mengunjungi pasien di rumah sakit yang jauh.

Bukan hanya kecanggihan di bidang lain, pemerintah, juga bisa mengumpulkan data yang lebih rinci di seluruh geografi dengan bantuan algoritma, memprediksi dan segera menanggapi keadaan darurat seperti pandemi atau peristiwa cuaca ekstrem. 

Menggabungkan 5G dengan aplikasi seluler, sensor, perangkat internet, dan algoritme prediktif dapat mengubah pemerintah daerah yang terkenal lamban menjadi operator yang sangat lancar, dengan alat yang menjangkau lalu lintas, keselamatan, dan layanan kota.

Tetapi kecanggihan teknologi terkait dengan privasi. Peretas juga bisa ikut andil 'menghancurkan' sistem ini. 

Jika peretas menghajar induknya, mereka dapat menyedot data yang jauh lebih sensitif secara dramatis, jauh lebih cepat dari generasi teknologi sebelumnya. 

Dan sebagai perlindungan, cybersecurity harus ikut tumbuh sebagai pem-backup

Sebagai informasi, 5G telah disebut sebagai katalisator untuk revolusi industri keempat dunia, dan sistem perencanaan teknologi ini sangat penting untuk masa depan.

Pengguna dapat mempertimbangkan bisnis mereka dan menciptakan peluang baru. Perusahaan dan pemimpin yang berwawasan ke depan akan merencanakan dari sekarang mengenai masalah privasi dan keamanan, daripada mengisi ulang untuk menyelesaikan masalah di waktu mendatang.

Sampai sekarang, mungkin butuh beberapa tahun lagi untuk 5G menerobos negara ini, tetapi ketika teknologi terbaru ini datang, data akan mengalir secara bebas di antara lebih banyak orang, lebih banyak tempat, dan lebih banyak perangkat dengan kecepatan dan volume yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Teknologi 5G diharapkan akan mengeluarkan gelombang baru wirausaha dan inovator. Kami semua tidak tahu perusahaan mana yang akan menang atau kalah. Namun, mengingat kecepatan 5G, mungkin kami akan mengetahuinya cukup cepat.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU