The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Xiaomi Sukses Kalahkan Huawei Sebagai Top 3 Vendor Smartphone di Eropa
Ilustrasi logo Xiaomi dan Huawei (Ilustrasi/INDOZONE)
Tech

Xiaomi Sukses Kalahkan Huawei Sebagai Top 3 Vendor Smartphone di Eropa

Jumat, 07 Agustus 2020 13:31 WIB 07 Agustus 2020, 13:31 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah pandemi virus corona seperti ini, pertarungan vendor-vendor smartphone di seluruh dunia menjadi semakin sengit. Pasalnya banyak yang mengalami masalah seperti terhambatnya pengiriman pasokan komponen, sejumlah vendor pun mengalami penurunan dalam hal penjualan smartphone.

Namun baru-baru ini perusahaan riset Canalys telah memberikan laporan daftar vendor smartphone yang paling besar di Eropa pada kuartal kedua tahun 2020. Diketahui bahwa Huawei telah turun dari posisi ke-3 sebagai top vendor smartphone di Eropa.

Ternyata posisi Huawei diambil alih oleh Xiaomi yang kini memiliki market share sebesar 17% di Eropa. Saat ini Xiaomi pun sudah berhasil berada di posisi ke-3 dengan YoY (Year-on-Year) Growth yang meningkat sebesar 65 persen. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  1. Samsung - 30% Unit Share (-31% YoY Growth)
  2. Apple - 21% Unit Share (+42 YoY Growth)
  3. Xiaomi - 17% Unit Share (+65 YoY Growth)
  4. Huawei - 17% Unit Share (-17 YoY Growth)
  5. HMD Global - 2% Unit Share (-12 YoY Growth)

Persentase market share smartphone di Eropa Q2 2020
Persentase market share smartphone di Eropa Q2 2020 (photo/Dok. Canalys)

Terlihat bahwa Samsung masih berada di puncak daftar tersebut meskipun mengalami persentase YoY Growth yang menurun sebesar 31 persen di kuartal kedua tahun ini. Sementara di posisi kedua sendiri ada Apple dengan kenaikan 42 persen YoY Growth.

Diketahui bahwa salah satu hal yang membuat Huawei mengalami penurunan adalah karena tidak banyak smartphone buatan Huawei yang dikapalkan ke Eropa. Selain itu saat ini sudah tidak banyak lagi orang yang berminat untuk membeli smartphone buatan Huawei lagi.

Pasalnya semenjak Google dilarang bekerja sama dengan Huawei, smartphone terbaru Huawei pun tidak dapat memakai layanan Google sama sekali. Maka dari itu banyak orang yang menjadi enggan membeli smartphone terbaru Huawei lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US