Sejumlah pelanggan operator internet First Media mengeluhkan masalah internet yang tidak bisa dipakai sama sekali sejak tanggal 5 April 2021 kemarin. Alhasil customer care First Media di Twitter pun diserbu oleh pertanyaan para pelanggan.
Tak lama setelah masalah tersebut terjadi, pihak First Media pun mengabarkan bahwa memang ada masalah yang terjadi di layanan internet miliknya. Masalah ini disebabkan adanya gangguan sistem komunikasi bawah laut.
Hi First People. Mhn maaf atas ketidaknyamanannya ya. Kami informasikan bahwa saat ini sedang terjadi gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut (kabel B2JS dan kabel Jakabare) yang digunakan oleh LinkNet dan juga oleh beberapa provider internet lainnya;
— First Media (@FirstMediaCares) April 5, 2021
"Mhn maaf atas ketidaknyamanannya ya. Kami informasikan bahwa saat ini sedang terjadi gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut (kabel B2JS dan kabel Jakabare) yang digunakan oleh LinkNet dan juga oleh beberapa provider internet lainnya," tulis Twitter dari First Media.
Gangguan yang dialami oleh pengguna pun cukup beragam, ada yang mengalami penurunan kecepatan sampai ada yang tidak bisa digunakan sama sekali karena RTO (Request Time Out).
Lebih rinci, kabel internet bawah laut yang mengalami gangguan adalah B2JS (Jakarta-Bangka-Batam-Singapore Cable System) yang dimiliki oleh Triasmitra dan juga kabel Jakabare milik Indosat Ooredoo.
Beruntung saat ini layanan internet dari beberapa operator yang mengalami gangguan tersebut sudah kembali pulih secara perlahan.