The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Robot Ini Berhasil Pecahkan Rekor Dunia! Bisa Lari Sejauh 100 Meter
Robot Cassie yang mampu berlari 100 meter. (The Robot Report)
Tech

Robot Ini Berhasil Pecahkan Rekor Dunia! Bisa Lari Sejauh 100 Meter

Robot ini mampu berlari 100 meter dengan waktu yang singkat

Jumat, 30 September 2022 12:48 WIB 30 September 2022, 12:48 WIB

INDOZONE.ID - Cassie, robot bipedal garapan Universitas Negeri Oregon, Amerika Serikat mampu berlari sejauh 100 meter dalam kurun waktu 24,73 detik dan berhasil memecahkan rekor dunia.

Kabar ini pun viral di dunia maya dan menjadi sebuah pertanda jika di masa depan, robot akan mampu melakukan aktivitas berat lainnya persis seperti manusia pada umumnya. 

Melansir dari The Indian Express, robot ini dikembangkan di Sekolah Tinggi Teknik Universitas Negeri Oregon dan dibuat langsung oleh perusahaan spin-off OSU Agility Robotics. 

Baca Juga: Apple Tendang Aplikasi VK di App Store, Rusia Minta Penjelasan

Devin Crowley, salah satu mahasiswa Universitas Negeri Oregon mengatakan bahwa robot tersebut telah dikembangkan selama beberapa tahun belakangan dan telah diuji coba sampai menemukan hasil yang sesuai. 

"Kami telah membangun pemahaman untuk mencapai rekor dunia ini selama beberapa tahun terakhir, berlari 5 km dan juga naik turun tangga," ujar Crowley.

Robot Lari 100 Meter
Cassie, robot yang mampu berlari 100 meter dan memecahkan rekor dunia. (YouTube/Oregon State University)

Secara sistematis, Cassie bisa dibilang robot yang buta, karena tidak memiliki kamera atau sensor eksternal apa pun untuk mengatur ke mana arah berjalannya. Tentu saja, kelemahan itu membuat repot para pengembangnya. 

Namun, bagian tersulit dalam pengembangan robot Cassie bukan itu, melainkan membuat robot agar dapat memulai dan berhenti berlari dalam posisi berdiri, hal ini dikatakan langsung oleh Profesor Kecerdasan Buatan (AI), yakni Alan Fern. 

"Memulai dan berhenti dalam posisi berdiri lebih sulit daripada bagian berlari, mirip dengan bagaimana lepas landas dan mendarat lebih sulit daripada benar-benar menerbangkan pesawat,” jelasnya. 

Baca Juga: Pornhub Jengkel Akunnya Dihapus Instagram: Munafik dan Diskriminatif

Sejumlah kelemahan yang dimiliki Cassie telah dicatat oleh Profesor Alan Fern, ia berharap agar ke depannya robot tersebut mendapat sejumlah pembaruan untuk menutupi kelemahannya, hingga menjadi sebuah robot dengan 'paket lengkap'.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Bagas Aulia Ananto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US