The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Malware Ini Punya Perilaku Unik, Larang Korban untuk Akses ke Situs Bajakan!
Ilustrasi kode-kode program berbentuk tengkorak (Ilustrasi/Pixabay/Elchinator)
Tech

Malware Ini Punya Perilaku Unik, Larang Korban untuk Akses ke Situs Bajakan!

Jumat, 18 Juni 2021 14:32 WIB 18 Juni 2021, 14:32 WIB

INDOZONE.ID - Jika kita mendengar kata malware, tentu yang ada di pikiran kita pertama kali adalah sebuah program jahat yang dapat mencuri data dari perangkat yang diserang dan digunakan untuk berbagai keperluan jahat lainnya.

Tetapi baru-baru ini peneliti dari BleepingComputer telah melaporkan sebuah malware yang hadir dengan perilaku cukup unik.

Diberi nama Vigilante oleh SophosLabs Principal Research, Andrew Brandt, malware tersebut diketahui memiliki peran yang justru 'membantu' korbannya agar tidak melakukan hal yang ilegal.

Bagaimana tidak, malware Vigilante ini akan memodifikasi host perangkat korban dengan situs bajakan terkenal dan mengarahkannya ke IP address localhost 127.0.0.1.

Artinya, jika korban mengakses situs bajakan seperti Piratebay dan sejenisnya, maka perangkat korban akan otomatis men-direct koneksi tersebut ke alamat IP sendiri sehingga korban akhirnya tak akan bisa mengakses situs bajakan tersebut.

"Malware memiliki motivasi yang jelas, mencegah orang-orang untuk mengunjungi situs web bajakan meski hanya sementara," ucap Brandt.

Disebutkan juga bahwa malware tersebut bersembunyi sebagai sebuah aplikasi dan software gratisan dan akan melancarkan aksinya jika sudah diinstal oleh korbannya.

Meskipun malware ini disebut 'cukup membantu', para pengguna yang merasa terinfeksi oleh malware ini juga disarankan untuk menghapusnya dengan menginstall software anti-virus yang terpercaya karena kita tak tau apa saja hal lain yang akan dilakukan oleh malware ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US