The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menkominfo: UMKM Berperan Penting Merangsang Pertumbuhan Ekonomi Pascapandemi Covid-19
Menkominfo, Johnny G. Plate. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Tech

Menkominfo: UMKM Berperan Penting Merangsang Pertumbuhan Ekonomi Pascapandemi Covid-19

Sabtu, 14 Mei 2022 13:00 WIB 14 Mei 2022, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, sektor ekonomi digital termasuk dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) punya kontribusi besar dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

Johnny menjelaskan, hal itu tampak dari peningkatan kontribusi ekonomi digital yang konsisten terhadap produk domestik bruto Indonesia.

Baca Juga: Parlemen AS Minta YouTube hingga Media Sosial Meta Untuk Sembunyikan Bukti Kejahatan Rusia

"Di tahun 2019 kontribusi-kontribusi ekonomi digital baru sekitar 2,9 persen yang meningkat menjadi sekitar 4 persen di tahun 2020 dan kita bersama mengusahakannya agar kontribusi ekonomi digital bagi PDB di tahun 2030 sekitar 18,8 persen," kata Menteri Johnny melalui siaran persnya, Jumat.

Lebih lanjut katanya, dalam menyukseskan upaya pemulihan ini, harus ada kerja sama atau koordinasi dari segala sektor.

"Agar usaha bersama kita untuk meningkatkan kontribusi digital ekonomi bagi produk domestik bruto secara bertahap dari tahun ke tahun terus meningkat dan secara signifikan menyumbang GDP Indonesia sebesar 18,8 persen di tahun 2030," ucapnya.

Saat ini, Kemenkominfo terus mendorong transformasi digital bagi UMKM di Indonesia, salah satunya melalui Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM yakni program pendampingan berkelanjutan kepada UMKM produsen di sektor pengolahan di 13 kawasan prioritas.

"Program ini akan dilakukan selama 6 bulan secara offline maupun online, melibatkan 165 fasilitator atau lokal heroes, dan dilaksanakan di 15 lokasi Training Center yang tersebar di 13 kawasan prioritas. Indonesia ini besar, mengerjakannya tidak sederhana," jelas Menteri Johnny.

Adapun 13 kawasan prioritas itu meliputi Sumatera Utara, Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, dan Kepulauan Seribu, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

"Hampir menjangkau seluruh kawasan nusantara. Untuk mendukung fasilitas pendampingan UMKM akan disediakan starterkit berupa paket data untuk 30.000 UMKM selama 6 bulan dan dilengkapi dengan aplikasi agregator sistem Point of Sales (PoS) dan learning management system," ujarnya.

Kemenkominfo berharap program adopsi teknologi digital UMKM 4.0 ini bisa meningkatkan level UMKM dari sisi adopsi teknologi digital yang dibagi berdasarkan empat level yaitu level beginner, observer, adopter, dan leader.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
JOIN US
JOIN US