The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Komputer Pertama Besutan Apple Dilelang, Diprediksi Harganya Capai Rp8,5 Miliar!
Tampilan komputer pertama besutan Apple, Apple-1 (photo/YouTube/John Moran Auctioneers)
Tech

Komputer Pertama Besutan Apple Dilelang, Diprediksi Harganya Capai Rp8,5 Miliar!

Rabu, 10 November 2021 10:27 WIB 10 November 2021, 10:27 WIB

INDOZONE.ID - Apple-1 kini dikenal sebagai salah satu produk pertama besutan Apple yang dirancang oleh Steve Jobs dan juga Steve Wozniak saat pertama kali mendirikan perusahaan tersebut di garasi rumah.

Awalnya dibanderol dengan harga US$666,66, kini perangkat PC tersebut sudah menjadi barang yang sangat langka dan nilainya bisa mencapai miliaran. Bahkan baru saja salah satu dari perangkat Apple-1 yang masih tersisa dilaporkan akan dilelang.

John Moran Auctioneers baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya akan melelang salah satu dari Apple-1 yang diluncurkan sekitar 45 tahun yang lalu.


Nantinya komputer tersebut akan dilelang dengan harga pembuka senilai US$200.000. Pihak John Moran Auctioneers sendiri memprediksi jika komputer buatan Apple ini bisa terjual dengan harga mencapai US$600.000 atau setara dengan Rp8,5 miliar.

Pemenang lelang tersebut diketahui akan mendapat beberapa barang seperti Datanetics Keyboard Rev D, monitor Panasonic dari tahun 1986, kabel, Apple-1 Basic Manual, Apple-1 Operations Guite, MOS 6502 manual untuk programming, dan 2 kaset software Apple-1.

Pada saat pertama kali diluncurkan, Steve Jobs dan Steve Wozniak hanya memproduksi 200 unit dari Apple-1 sehingga kini perangkat tersebut menjadi barang elektronik yang sangat langka dan diincar banyak kolektor.

Sebelumnya ada satu perangkat Apple-1 yang masih bisa beroperasi yang berhasil terjual dengan harga US$671.000 melalui pelelangan di Jerman pada tahun 2013. Kita lihat saja berapa harga dari Apple-1 yang akan dilelang kali ini ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US