Aplikasi Canggih untuk Kerja dari Rumah, Cocok buat Milenial

- Selasa, 17 Maret 2020 | 12:21 WIB
Ilustrasi kerja dari rumah (GOLDSTONE PARTNERS)
Ilustrasi kerja dari rumah (GOLDSTONE PARTNERS)

Akibat virus corona, sejumlah perusahaan di Ibu Kota menerapkan sistem work from home atau kerja dari rumah. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus yang terbilang sulit untuk dilacak. 

Meski kerja dari rumah, pegawai khususnya Milenial harus tetap produktif. Sejumlah aplikasi ini sepertinya cocok agar kerja dari rumah lebih efisien dan mudah untuk digunakan. Berikut daftar aplikasinya sebagaimana dilansir Rappler, Selasa (17/3/2020). 

1. Aplikasi Komunikasi

-
Aplikasi slack (Slack)

Hal pertama yang dibutuhkan adalah aplikasi komunikasi. Ini bertujuan agar kamu dan rekan kerja lainnya bisa berkoordinasi lebih lancar dan jelas. Bahkan kirim-kirim dokumen pun cukup mumpuni. Meski biasanya pakai aplikasi chatting semacam WhatsApp Group, tapi kamu harus coba aplikasi lain seperti Slack, aplikasi populer untuk komunikasi antar organisasi. Kamu bisa menyiapkan ruang kerja dan pengaturan komunikasi dengan rekan kerja lain. 

2. Project Management 

-
Asana (Asana)

Untuk perusahaan-perusahaan yang perlu menangani tugas yang berbeda atau beberapa proyek, ada juga aplikasi online yang dibuat khusus untuk tujuan itu.

Seperti aplikasi Asana yang sengaja dibuat untuk koordinasi grup kecil sekira 15 orang, Asana versi gratis mungkin hanya bisa untuk menangani beberapa proyek. Ini juga berfungsi sebagai aplikasi komunikasi, yang mungkin ideal untuk beberapa kelompok kecil yang menangani tugas yang rumit dibandingkan menggunakan Slack atau WhatsApp Group. 

Ada juga Trello yang merupakan sistem manajemen tugas yang berfokus pada pembuatan alur kerja dan daftar yang harus dilakukan. Versi gratis hanya memungkinkan bikin presentasi hingga 10 slide.


3. Aplikasi lainnya:

-
Evernote (Evernote)

Bergantung pada tujuan perusahaan, kamu mungkin perlu banyak aplikasi lain untuk menjalankan sistem kerja jarak jauh. Berikut ini beberapa rekomendasi lainnya. 

Aplikasi seperti Evernote, Microsoft OneNote, Bear, atau aplikasi pencatat dan notes yang dapat digunakan secara online, Anda mungkin menginginkannya untuk kantor virtual Anda untuk menyimpan tulisan ke rekan kerja. 

Aplikasi manajemen waktu, ada sejumlah aplikasi manajemen waktu yang terkenal untuk mereka yang ingin melacak apa yang mereka lakukan dan kapan mereka melakukannya. Ada Toggl dan Everhour yang dapat diintegrasikan ke dalam manajemen proyek atau aplikasi chatting.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X