Indonesia Jadi Negara dengan Serangan Malware macOS Terbanyak se-Asia
Laptop MacBook yang menjalankan macOS (photo/Unsplash/Ruben Menarguez)
Tech

Indonesia Jadi Negara dengan Serangan Malware macOS Terbanyak se-Asia

Rabu, 29 Januari 2020 11:01 WIB 29 Januari 2020, 11:01 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini banyak pengguna MacBook dan iMac yang menganggap bahwa sistem operasi macOS adalah yang paling aman saat ini. Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho!

Baru-baru ini perusahaan keamanan terkenal yaitu Kaspersky melaporkan bahwa macOS ternyata juga mendapat banyak serangan malware selama tahun 2019 lalu. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah serangan malware macOS tertinggi di Asia.

Dilaporkan bahwa Indonesia menyumbang sekitar 16,7% kasus penyerangan malware macOS. Dimana posisi kedua diduduki oleh Filipina dengan persentase sebesar 15,8% dan Malaysia sebesar 14,6%.

Ilustasi Malware di laptop
Ilustasi Malware di laptop (photo/Unsplash/Michael Geiger)

Pihak Kaspersky juga mengatakan bahwa sebagian besar malware tersebut menjangkit korban yang menggunakan sistem operasi macOS 10. Malware yang biasa ada di OS tersebut adalah AdWare.OSX.Bondlero, AdWare.OSX.Geonei, AdWare.OSX.Pirrit, dan AdWare.OSX.Cimpli.

Selain itu terdapat banyak situs berbahaya yang dapat mengirimkan file malware ke perangkat Mac pengguna. Sebagian besar situs tersebut merupakan situs palsu dari Adobe Flash, dan juga layanan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU