The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti di Inggris Ciptakan Robot untuk Lakukan Eksperimen Seperti Ilmuwan!
Robot buatan peneliti dari University of California (photo/Dok. University of California)
Tech

Peneliti di Inggris Ciptakan Robot untuk Lakukan Eksperimen Seperti Ilmuwan!

Sabtu, 11 Juli 2020 14:44 WIB 11 Juli 2020, 14:44 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini para peneliti dari University of Liverpool di Inggris telah mengembangkan sebuah robot yang dapat melakukan aktivitas layaknya seorang ilmuwan. Diketahui robot tersebut dapat melakukan percobaan hingga menganalisa hasil secara otomatis.

Seperti yang dikutip dari New Atlas, robot yang hadir dengan berat 400kg dan tinggi sekitar 1,75 meter ini terlihat seperti robot-robot otonom yang terdapat di pabrik-pabrik. Namun robot ini sengaja dibuat untuk keperluan sains karena memiliki lengan yang dapat digunakan untuk mengambil tabung reaksi.

Selain itu robot canggih ini juga dibekali dengan teknologi LIDAR yang dapat digunakan mendeteksi objek dengan lebih akurat. Tentunya hal tersebut membuat robot ini sangat hebat.


Tak hanya itu, para peneliti yang mengembangkan robot ini juga terkejut dengan kemampuan robot ini yang dapat menjalankan sekitar 98 juta eksperimen yang saat ini sudah di rekam di 'otak' robot tersebut.

Saat ini robot tersebut sudah beroperasi selama delapan hari secara berturut turut dengan jumlah waktu operasional sekitar 172 sampai 192 jam dan robot ini hanya berhenti istirahat hanya sekitar dua jam saja per harinya.

Namun para peneliti menyebut bahwa tujuan mereka mengembangkan robot ini bukan untuk mengganti ilmuwan manusia asli melainkan untuk alat penelitian agar manusia dapat melakukan eksperimen yang lebih banyak berkat bantuan robot tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US