The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Canggih! Ilmuwan Rancang Bayam untuk Kirim E-Mail Peringatan Bahan Peledak
Ilustrasi bayam (Pixabay)
Tech

Canggih! Ilmuwan Rancang Bayam untuk Kirim E-Mail Peringatan Bahan Peledak

Senin, 08 Februari 2021 16:29 WIB 08 Februari 2021, 16:29 WIB

INDOZONE.ID - Para insinyur dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) di AS, sedang mengembangkan nanoteknologi agar bayam mampu mendeteksi bahan peledak.

Dilansir Euronews, bayam direkayasa sedemikian rupa agar mengirimkan e-mail kepada ilmuwan secara wireless.

Cara kerjanya adalah saat akar bayam mendeteksi senyawa nitroaromatika yang kerap ditemukan dalam bahan peledak, maka tabung nano karbon di daun bayam akan memancarkan sinyal.

Sinyal ini dibaca oleh kamera infra merah dan diteruskan kepada ilmuwan lewat e-mail peringatan. Teknologi ini dikenal sebagai plant nano bionics, yang bertujuan memberi kemampuan unik pada tanaman.

"Tanaman adalah ahli kimia analitik yang sangat baik. Mereka memiliki jaringan akar yang luas di dalam tanah, terus menerus mengambil sampel air tanah, dan punya cara sendiri untuk mengalirkan air ke dedaunan," jelas terang Profesor Michael Strano.

Meski tujuan khususnya untuk mendeteksi bahan peledak, insinyur MIT yakin percobaan ini nantinya juga bisa berguna untuk membuat peringatan mengenai kondisi lingkungan hingga kadar polusi.

"Tanaman sangat responsif terhadap lingkungan. Mereka tahu akan ada kekeringan jauh sebelum kita mengetahuinya," ungkap Strano.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US